Sabtu, 08 Maret 2008

[psikologi_transformatif] Mungkinkah Syiah dan Sunnah Bersatu?: Celaan Syiah Kepada Sahabat Nabi (5)

Mungkinkah Syiah dan Sunnah Bersatu?: Celaan Syiah Kepada Sahabat Nabi (5)


Kamis, 06 Desember 2007


Al Jibtu & At Thoghut: Abu Bakar & Umar

Oleh karena itulah kaum Syi'ah senantiasa mengutuk sahabat Abu Bakar, Umar dan Utsman radhiallahu 'anhum dan setiap orang yang menjadi penguasa dalam sejarah Islam selain sahabat Ali bin Abi Tholib radhiallahu 'anhu. Sungguh mereka telah berdusta atas nama Imam Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Ali bin Musa, bahwa beliau telah membenarkan para pengikutnya menjuluki Abu Bakar dan Umar dengan sebutan "Al Jibtu & At Thoghut." (Al Jibtu dan At Thoghut ialah segala sesuatu yang disembah atau menjadikan manusia menyeleweng dari agama Allah. -pent).

Disebutkan dalam kitab Al Jarhu wa At Ta'dil (Al Jarhu wa At Ta'dil ialah salah satu disiplin ilmu hadits yang membahas tentang kredibilitas dan biografi para perawi hadits dan tarikh. -pent) terbesar dan terlengkap yang mereka miliki, yaitu buku "Tanqih Al Maqal Fi Ahwal Ar Rijaal" karya pemimpin sekte Ja'fariyyah Ayatullah Al Mamaqani, pada juz 1 hal: 207, edisi Pustaka Al Murtadhowiyyah, Najef tahun 1352 H ada suatu kisah yang dinukilkan oleh Syaikh besar Muhammad Idris Al Hilli pada akhir kitab "As Sara'ir" dari kitab "Masa'il Ar Rijal Wa Mukatabaatihim" kepada Maulana Abil Hasan Ali bin Muhammad bin Ali bin Musa 'alaihissalaam dari sebagian pertanyaan Muhammad bin Ali bin 'Isa, ia berkata: Aku menulis surat kepadanya menanyakan perihal seseorang yang memusuhi keluarga Nabi, apakah ketika mengujinya diperlukan kepada hal-hal lain selain sikapnya yang lebih mendahulukan Al Jibtu & At Thoghut? Maksudnya ia mendahulukan dua orang pemimpin dan sekaligus dua sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan dua pembantu kepercayaan beliau, yaitu Abu Bakar dan Umar radhaiallahu 'anhuma. Kemudian jawabannya datang sebagai berikut: "Barang siapa yang meyakini hal ini, maka ia adalah seorang yang memusuhi keluarga Nabi." Maksudnya: cukup bagi seseorang untuk disebut sebagai orang yang memusuhi keluarga Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bila ia mendahulukan Abu Bakar dan Umar (dibanding sahabat Ali bin Abi Tholib) dan meyakini keabsahan kepemimpinan mereka berdua.

Kata-kata "Al Jibtu" dan "At Thoghut" senantiasa digunakan oleh kaum Syi'ah dalam bacaan doa mereka yang disebut dengan "Doa Dua Berhala Quraisy". Yang mereka maksudkan dari dua berhala dan dari kata "Al Jibtu" dan "At Thoghut" ialah Abu Bakar dan Umar radhiallahu 'anhuma. Doa ini disebutkan dalam kitab mereka yang berjudul "Mafatihul Jinaan" hal: 114, kedudukan kitab ini bagaikan kitab "Dalaa'ilul Khairaat" yang telah menyebar luas di tengah-tengah berbagai negeri Islam. Bunyi doa ini sebagai berikut:

"Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, dan kutuklah dua berhala, dua sesembahan, dua tukang sihir Quraisy dan kedua anak wanita mereka berdua……"!! (*) Yang mereka maksud dengan kedua anak wanita mereka ialah Ummul Mukminin 'Aisyah dan Ummul Mukminin Hafshah semoga Allah meridhai mereka dan seluruh sahabat.

(*) Doa ini juga dimuat dalam buku "Tuhfatul Awam Maqbul" yang memuat tanda tangan Ayatullah Al Khumaini, Ayatullah Syariatmudari, Ayatullah Abul Qasim Al Khu'i, Sayyid Muhsin Al Hakim At Thobathoba'i……dll, padahal dari mereka itu terdapat orang-orang yang dikatakan moderat, di antaranya Ayatullah Al Khu'i dan Sayyid Muhsin Al Hakim.

-bersambung insya Allah-

***

Tingkat pembahasan: Lanjutan
Penulis: Syaikh Muhibbuddin Al Khatiib
Alih Bahasa: Ustadz Muhammad Arifin Badri

Update Terakhir ( Senin, 31 Desember 2007 )

------------------------
sumber > http://muslim.or.id/artikel-pilihan/manhaj/mungkinkah-syiah-dan-sunnah-bersatu-celaan-syiah-kepada-sahabat-nabi-5.html



__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

Instant hello

Chat over IM with

group members.

John McEnroe

on Yahoo! Groups

Join him for the

10 Day Challenge.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: