Senin, 24 September 2007

[beasiswa] [OOT] Sharing pengalaman 2: Antara UAE dan KSA

ssalamu alaikum,

Maaf, mungkin tulisan ini nggak bisa menjawab semua pertanyaan antum. Tapi mungkin bisa ngasih sedikit gambaran. Trima kash kpd moderator yg meloloskan email ini.

KSA (kingdom of saudi arabia) adalah negri arab terkaya. Maklum negeri tua dan memiliki 25% minyak dunia. Bagaimana dg UAE. UAE adalah negara baru. Di Dubai, malah gak ada minyak. Kenapa bisa kaya? Karena mereka membuka "free zone area". Semua barang keluar-masuk, bebas tanpa pajak. Kemudahan di mana2. Mau mendirikan perusahaan, mudah asal punya duit. Nggak peduli dari bangsa atau agama apapun. FYI, Dubai juga agak liberal. Dubai adalah state nya UAE yg paling liberal. Tempat solat banyak, tempat maksiat juga ada. Yg bercadar banyak, yg kebalikannya juga nggak sedikit. Di Sharjah dan Abu Dhabi, tidak seliberal Dubai. Sharjah adalah state yg mirip dg KSA. Ada kasus gadis 14 th yg disentuh perutnya (dg niat menggoda) oleh org india waktu di lift. Apa yg terjadi selanjutnya? Indian tadi dilaporkan polisi dan dituntut hukuman cambuk.

Masalah bahasa
============
Di UAE, bahasa utama adalah bahasa inggris meski UAE negri arab. Antum ngak perlu bisa berbahasa arab, walaupun adaikan bisa, itu jelas lebih baik. Bisa dikatakan, 80% penduduk UAE faham bhs inggris, terlepas dari spelling dan grammar yg salah. Tapi jangan meremehkan bhs arab, lha wong semua khutbah bhs arab. Semua kajian di TV dan radio juga bhs arab. Oh ya, 50% dokumen di UAE masih berbhs arab tanpa terjemahan bhs inggris. Jadi jangan sampai buta bahasa arab. Apalagi indonesia dikenal sebaga akbaru biladul muslimina fil alam.

Ada kisah menarik. Teman saya dari Syria. Dulu pertama kli kerja di Sharjah bergaji 1800 AED. Kecil banget utk ukuran engineer di UAE. Tapi beberapa th kemudian, Allah memberinya kemudahan. Dia membuat perusahaan kontraktor sendiri dg bekerja sama dg org lokal (UAE citizen). Nggak lama, dia sudah punya uang jutaan dirham. Tidak seperti di Indonesia yg pembayaran proyek nya sering mbulet dan ruwet (apalagi proyek swasta), di UAE alhamdulillah semua clear. Bahkan check nya diberikan saat itu juga utk masalah pembayaran proyek. Lalu, bukankah utk menguasai medan UAE harus bisa berbhs arab?

Masalah akomodasi
===============
saya belum pernah ke KSA. Tapi sering dengar cerita ttg KSA. Di KSA, akomodasi muraaaah banget. Bisa mencapai sepertiga di UAE. Ingat, akomodasi di UAE hampir bahkan bisa lebih mahal ketimbang di Paris bahkan london. Tergantung gaya hidup. Sewa kamar di Abu Dhabi>Dubai>Sharjah. Semaki kecil kota/state, semakin murah. TAPI perlu diingat, Gaji2 di Abu Dhabi juga >Dubai>Sharjah.

Sebagai contoh di sharjah: bed space = 300-500 AED per bulan, sharing room 500 - 1000 AED per bulan, studio 25000 per tahun, 1 bed room 35000 - 45000 per tahun. Di Dubai? lebih mahal. Di Abu Dhabi, lebih mahal lagi.
Saya dengar di Riyadh, harga 3 bedroom di downtown = 700 Riyal (mohon di cek). Murah banget tho di KSA. FYI, 1 AED = 1 Riyal = Rp. 2500. 1 USD = 3.68 AED (fixed rate)


Jobs in UAE
=========
Ingatkah antum ttg hadits yg intinya kira2 bahwa para penuggang onta akan lomba tinggi2an gedung. (mohon dikoreksi). Ya di UAE lah tempatnya. Tidak ada pembangunan yg segemerlap dan sedahsyat UAE. Tidak di USA, tidak di France, tidak di UK, Tidak di KSA, tapi di UAE. Proyek dimana2. Nggak punya taman, padang pasir diubah jadi taman indah. Nggak punya daerah tropis, lautan disulap jadi pulau2 yg bernuansa tropis dg bentuk pohon palm. Padang pasir, diubah jadi pusat bisnis lengkap dg gedung2 pencakar langit melebihi Oxford Street nya London dan La Defense nya Paris, apalagi Sudirman nya jakarta. Nggak punya danau, mbuat danau sendiri di tengah padang pasir. Dan semuanya terjadi dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun. Indonesia mbuat suramadu saja, plan nya itu sejak th 80. Sekarang saja belum jadi.

Di UAE, insya Allah bisa dibilang ngak ada engineer yg nganggur. Yg ada engineer bergaji rendah. Semua engineer kepakai, terutama civil, MEP, dan IT. Tapi yg namanya proyek, mereka juga butuh sopir, akuntan, resepsionis, cleaning service, office boy, security, tukang, mandor, etc. Saat ini pemerintah dubai sedang membangun jalan rel KA. Rel ini rencananya akan diperpanjang sampai ke kuwait dan bahrain. UAE juga sedang membangun sistem transportasi berasaskan IT seperti di eropa.

Utk lebih lengkap mengenai job, salary dan accomodation, silahkan lihat
www.gulfnews.com
www. khaleejtimes.com

lihat bagian classified, lalu klik jobs atau accomodation

Masalah gaji
=========
Jelas, gaji di UAE>gaji di KSA. Bisa dibilang, gaji di UAE 1.25 - 1.5 bahkan 2 kali lebih besar ketimbang di KSA, tergantung jenis kerja, pendidikan, etc etc. Tapi ingat, di UAE, sewa kamar mahal, pendidikan (utk anak) mahal, kesehatan mahal. Di KSA, saya kurang tahu, tapi lagi2 kata teman saya yg famili nya kerja di KSA, pendidikan gratis, kesehatan gratis, sewa kamar muraaaaah banget.

Gaji di UAE utk insinyur (paling fresh sampai paling senior) berkisar 2,000 - 60,000 AED tergantung:
-tingkat pendidikan
-lulusan dari mana?
-pengalaman (adakah pengalaman di negri arab sebelumnya?
-keberanian menerima proyek
-cara "menjual diri" anda ketika interview
-paspor (paspor barat atau paspor non-barat)
-kemampuan bhs inggris dan arab

Sebagai contoh,
1. gaji municipality engineer (insinyur PNS) di sharjah dg pengalaman di UAE selama 4 tahun, sekitar 9000 AED.
2. gaji fresh engineer dari india dg pengalaman 1 th dari india dg pendidikan india dan bhs inggris yg bagus di kantor saya adalah 3000 AED.
3. gaji executive manager dg paspor barat dan berpengalaman puluhan tahun, bisa mencapai 60,000 AED per bulan

Masalah solat, puasa, umroh, haji
=========================
UAE tidak seketat KSA. MAsjid dimana2, tapi kalau adzan, mau ke masjid, mau main kartu, mau main catur terserah anda. Kalau di KSA? Semua nya harus tutup ketika adzan datang. Di KSA, Romadhon adalah holiday, di UAE, masih working day cuman dikurangi jam nya. Liburan hari raya pun cuman1-2 hari. Lebih banyak di indo, kan.

Mau umroh/haji? silahkan, tapi gajinya dipotong. Karena gaji dibayar berdasar jumlah hari kerja anda.
Biaya umroh: visa 250 AED, Bus 400 AED, lain2 (penginapan, etc) sekitar 200-500 AED tergantung kebutuhan
Biaya haji: 9500-13000 AED (by bus). >18000AED (by plane)

Kalau di KSA, ya gratis tho. Paling cuman mbayar busnya saja yg saya yakin gak sampai 500 riyal itu pun kalo tinggal outside makkah.

Cara2 ke UAE
==========
Indonesia ini negri yg aneh. Engineer di mana2, tapi agen tenaga kerja HANYA khusus pembantu. Lain dg US yg agen kerja nya khusus utk dokter spesialis, insinyur, etc.

OK, ini cara2 ke UAE
1. Jika ada lowongan di koran atau apapun yg menjurus ke UAE, segera daftar
2. ikut milis Lowongan_Migas@yahoogroups.com krn banyak lowongan ke negri2 arab
3. Coba tanyakan ke UAE embassy, syarat2 apa saja agar bisa visit ke UAE.
Saya pribadi, tidak bisa mengundang antum krn saya bukanlah owner perisahaan, saya hanyalah employee. Yg bisa saya undang hanyalah keluarga kandung. Jadi mohon maaf jika ini terkesan hanya mengiming2i.
4. appy job via email di persahaan2 yg mengiklankan di gulfnews.com atau khaleejtimes.com. Kalo beruntung, mungkin anda akan dipanggil langsung dan dikasih visa ke UAE secara cuma2.

Penutup
======
Ya ikhwatii, jalan kesuksesan (baik dunia/akhirat) tidaklah mudah. Saya sendiri nekat ke prancis (Ecole Centrale Paris) utk studi. Saya nekat krn ECP tu sekolahnya para top engineers di prancis dan sayang utk dilewatkan, padahal sudah ketrima + gak ada SPP lagi + digaji selama masa riset. Saya gak bisa bhs prancis waktu itu, kecuali sedikit. (Saya yakin ada anggota milis ini yg masih ingat dg niat nekat saya ke paris tanpa persiapan yg memadai). Tapi sedikit demi sedikit, alhamdulillah bisa. Studinya saja susah bukan main ditambah waktu itu saya nggak paham bhs prancis + uang saya yg nggak bisa cair krn pegawai citibank salah enter code (yg seharusnya ke bank di paris, eh masuk ke bank di jerman). Uang baru saya terima setelah 4 bulan.

Bayangkan, hidup tanpa dukungan finansial di kota paris selama 4 bulan, nggak lancar prancis, dan harus menghadapi exam di kampus dg bahasa prancis. Utk tidur, saya lebih memilih tidur di masjid (alhamdulillah ada masjid dekat kampus), padahal lagi musim dingin dg suhu -10. FYI org prancis itu anti bhs inggris. Lebih baik berprancisan ria tapi belepotan ketimbang beringgrisan dg cas cis cus.

Setelah dari paris, apakah langsung seperti saat ini. Demi Allah tidak. Masih banyak rintangan yg harus saya lalui. Saya nekat ke London. Sendirian, tanpa teman, tanpa ada kenalan. Hanya dg bismillah.

Setelah di London, kartu ATM saya hilang, padahal uang saya masih di Paris semua. Kembali ke Paris lagi? Nggak mungkin saat itu, memangnya mau berenang lewat selat inggris. Duit di dompet tinggal 5 pounds, dan harus tinggal di London, kota termahal di dunia, 5 kali lebih mahal dari paris. Alhamdulillah, ada saja jalan keluar dari Allah. Sampai akhirnya saya diundang kawan (UAE citizen) yg PhD di UK utk mampir ke Sharjah. Di Sharjah, apakah masalah sudah beres? Ada saja masalahnya. Panjang, panjang, dan panjang serta berliku2.

Semoga dg kisah saya di atas, antum lebih fight dalam hidup ini.
Bukankah:
Man jadda wajada
There is a will there is a way, insha Allah.

Allahu A'lam,

Hanif, MSc, M.ASCE
Registered Structural Engineer
Sharjah - UAE

PS. barakallaahu fiikum kepada saudara2ku yg menolongku selama di Paris, dan London yg namanya nggak bisa saya sebut satu persatu krn saking banyaknya. Dan semuanya yg menyemangatiku sebelum dan ketika studi di Paris. Semoga Allah jalla wa 'alaa membalas dg kebaikan yg banyak dan berlipat ganda.

---------------------------------
Fussy? Opinionated? Impossible to please? Perfect. Join Yahoo!'s user panel and lay it on us.

[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: