Kamis, 18 Oktober 2007

[psikologi_transformatif] Vigyan Bhairav Tantra

AKU TIDAK ADA, GEJALA APA INI?

Bung Leo, Saya sedikit punya pengalaman. Ketika saya
lagi duduk santai sambil nonton tv, tiba-tiba saya
merasakan "diri" saya tidak ada (hilang), yang saya
rasakan pada saat itu adalah Dia Yang Maha Kuasa.
Tetapi rasa itu tidak lama, kira-kira cuma 1-2 detik.
Saya menganggap pelamanan itu adalah "potensi",
bagaimana mengembangkannya? Thnx a lot atas
penjelasannya. (Irwan)

+++++++++++++

JAWABAN SAYA: COSMIC CONSCIOUSNESS

Dear Mas Irwan, Sorry to have answered it sooo late.
Well, I believe that YOU KNOW what it means. Yang anda
alami itu apalagi kalau bukan pengalaman yang dikenal
sebagai COSMIC CONSCIOUESNESS (KESADARAN ALAM SEMESTA)
? Terkadang kita mengalami hal itu, seolah-olah diri
kita yang kita kenal itu tidak ada. Seolah-olah
LENYAP. Tidak ada lagi keterpisahan antara diri kita
dengan yang ada di "luar" kita. Segalanya ada di
DALAM. Everything is INSIDE. Ada yang bilang bahwa itu
INSIDE THE MIND OF GOD which we actually are. We are
all inside the Mind of God... Cuma, Cosmic
Cosciousness memang tidak dialami terus menerus karena
kita masih memiliki tubuh fisik ini, masih memiliki
ego yang juga diperlukan untuk menjalankan tubuh fisik
ini di dunia materi. So, bagaimana cara mengkultivasi
Cosmic Cosciiousness is actually, menurut aku, ya
meditasi itu. Meditasi dan berbagai VARIAN-nya seperti
doa, tafakur, wirid and,... even kontemplasi. Anything
works as long as it brings us CLOSER TO THE SOURCE.
Thanks for sharing, (Leo)

+++++++++++++

VIGYAN BHAIRAV TANTRA

A = Aryo
L = Leo

A = Hello mas, salam kenal !

L = Hallo juga, Mas Aryo.

A = Saya dah jadi member milist anda, tapi cuma
sekedar pembaca aja, seru juga tulisan2nya.

L = Hmmm, komentarin aja. Seru2, memang iya.

A = Gimana, ya, saya gak banyak yg mau di komentarin.

L = Ya udah, enjoy aja.

A = Spt mas bilang, spiritual itu kalo di explore gak
ada habis2nya, kecuali orang yg mengalami sendiri.

L = Kalo di eksplore memang gak ada habis2nya.
Dunianya berlapis-lapis. Tiap orang itu satu KOSMOS
(Alam Semesta) sendiri. Belum lagi interkoneksi dengan
yang lain. Jadi memang TIDAK TERBATAS. Undefinable.
Persis seperti GOD which we are all PART of...

A = Tp saya ada pertanyaan seh.

L = Pertanyaan apa ?

A = Dari dulu saya sering yg kalo orang jawa bilang
"ketindihan", or rep-rep, dimana kita sama
sekali gak bisa bergerak ketika pas mau tidur. Saya
dah tanya ke beberapa orang, jawabannya kok kayak di
paksain semua. Saya dulu pernah di attune reiki sama
Anand Krishna, saya juga tanya ama beliau, sama juga
jawabannya.

L = Well, mereka banyak TAKUT, dianggap itu ketindihan
"setan". Pedahal, itu kan JALAN MASUK
untuk OOBE (Out of Body Experience).

A = Oo gitu ya, emang seh yg saya lihat gelap, hitam
pekat gitu.

L = Aku dulu SERING ngalamin rep2an. Mulanya takut,
tapi lama2 aku EKSPERIMEN sendiri. Ternyata kalo kita
DIAM AJA, tanpa takut, ikutin aja, tanpa berusaha
untuk bergerak (yang memang gak bisa), akhirnya kita
akan mengalami sesuatu yang sangat EXCITING. Rasanya
seperti NAIK PESAWAT ANTARIKSA. Whoorrrr......
WHORRRR... Terus begitu selama beberapa menit. Ikutin
saja. Nanti akan BERHENTI SENDIRI. Pas berhenti, kita
bisa melihat HAL2 YANG BERADA DI DIMENSI LAIN.

Menurut aku itu dimensi "lain", tapi juga bisa
dibilang sebagai ISI PIKIRAN KITA SENDIRI. Jadi, kalo
rep2annya sudah diam sendiri itu, kita akan berada
dalam keadaan TIDUR TAPI SADAR. Nah, itu kan enak.
Tidur tapi sadar. Dan apa yang kita pikirkan LANGSUNG
TERWUJUD DI DEPAN MATA (walaupun mata fisik itu
terpejam). Jadi, kita sadar sedang berada di
dalam mimpi.

A = Oic... Dulu saya sempat berpikir bahwa itu gejala
ketindihan "setan", malah mikir jgn2 roh saya keluar;
tapi dulu pernah ikutan "meditasi angka" (pernah
denger?), trus kata gurunya, kalo gak ada pembimbing,
bisa2 spt nonton bioskop, trus kebelet mau ke wc,
begitu balik lagi, kursinya dah ditempatin org laen,
bgmana menurut anda, Mas Leo?

L = Gak, itu bukan ketindihan "setan" kok. Gak usah
takut, nothing to be afraid of... Malah, biasanya
kalau mengalami itu aku pengen terbang2, dan itu bisa.
Bisa lihat pemandangan yang indah2. Tapi jangan diliat
terlalu lama, jadi lihatnya sekelebat saja. Kalau kita
lihatin satu pemandangan terlalu lama, akibatnya kita
bisa terbangun. Jadi bisa terjaga juga, tapi bisa
masuk lagi ke dalam mimpi. Jadi seperti ON and OFF.
Antara terjaga dan tertidur dan "bermimpi".

Nah, yang "mimpi" itu aku sering sebut sebagai OOBE.
Out of body experience. Memang "mimpi", tapi di mimpi
itu kita sadar sedang bermimpi. Dan kita bisa jalan2
semau kita. Bisa juga masuk2 rumah orang kalo pengen
ketemu orang yang ok2. Tapi belom tentu orangnya ada.
Bisa eksperimen sendiri kalau mau. Jadi, nanti kalau
rep2an lagi, gak usah takut, diikutin aja. Itu
pendapat aku berdasarkan pengalaman.

A = Mas, nanya lagi neh !

L = What ?

A = Orang2 kan pada nanya ke Mas Leo ttg mata ke-3
nya, kalo saya boleh gak, padahal kita belum pernah
ketemu.

L = Boleh aja, apa yang mao ditanya ? Meditasi di Ajna
aja, gak usah ke mana2.

A = Saya kan suka baca2 posting2an Mas Leo, trus saya
praktekin sendiri (tanpa permisi),

L = Terus ?

A = Nah trus, saya gak tau mengukur progress saya,
bener or gak yg saya jalanin. Apakah Mas Leo bisa
deteksi saya, jgn2 yg saya jalanin nihil or salah.
Fyi, sebelumnya saya pernah latihan2 meditasi yg
sebutkan di atas.

L = Bener. Banyak di energi ke kedua telapak tangan.
Masih pake telapak tangan buat reiki. Bisa bolak balik
kanan dan kiri. Your hands itu agak "lucu". Bisa bolak
balik kanan dan kiri. Energinya bisa bolak balik.

A = Maksudnya ?

L = Maksudnya, kalo mao pake tangan, bisa pakai tangan
kanan atau tangan kiri, sama aja. Energinya bisa bolak
balik. Kalo aku kan masuk dari tangan kiri, terus
keluar di tangan kanan. Biasanya begitu. Yang umum
begitu. But, you can use both hands interchangeably.
Bisa dibolak balik. Jadi bisa masuk dari kanan juga
dan keluar di kiri. Itu yang aku rasa.

A = Ada manfaatnya gak, mas ? Honestly, sejak saya di
tune ama Anand Krishna, saya gak pernah tuh latihan.

L = Ada, mostly untuk PENYEMBUHAN DI SEKITAR JANTUNG.
Langsung dipake aja. Praktek kan artinya LATIHAN JUGA.

Kuatnya buat penyembuhan di bagian dada itu, di
jantung.

A = Mas Leo pernah baca Kitab Siwasamitha ?

L = Gak pernah, apaan itu ?

A = Sebenarnya itu kitabnya orang Hindu, tapi bukan
Bhagavad Gita, dan isinya justru lucu. Diperuntukkan
buat orang hindu (bahasa india gitu lah) tapi justru
justru menyerang kebiasaan org Hindu.

L = Then ?

A = Intinya kitab itu banyak menerangkan Yoga.

L = Hm.

A = Salah satu babnya ada yg bilang ttg RAJA YOGA,
pokoknya di halaman terakhir.

L = Ok, terus ?

A = Disebutkan, kalo kita menutup semua lubang yg ada
di kepala kita, kita akan terbebas dari kematian &
kelahiran; memang bahasanya dogmatis sekali, give me
enlightment...

L = Ha ha, itu kutipan dari VIGYAN BHAIRAV TANTRA.
Vigyan Bhairav Tantra berisikan 112 TEKNIK MEDITASI
UNTUK MENCAPAI AWARENESS (ELING). Teknik2 itu
diberikan sebagai DIALOG ANTARA SHIVA DAN SHAKTI.

Jadi seperti Dewa Shiva yang menjawab pertanyaan2 dari
Shakti; Shakti itu pasangan ML-nya Shiva. Semua TEKNIK
itu untuk mencapai HENING dan BEYOND HENING. Hening is
Awareness atau Eling itu ketika kita bisa melihat
bahwa kita ini BUKAN segala sesuatu itu; bukan pikiran
kita, bukan emosi kita, bukan tubuh kita, bukan
segalanya itu, kita adalah kita yang MELIHAT, yang
MENGAMATI. Itu HENING yang AWARE atau ELING. Beyond
Hening ada lagi yang namanya UNITY. Itu COSMIC
CONSCIOUSNESS ketika kita melihat diri kita itu tidak
ada lagi. Yang ada hanyalah KESADARAN ITU SENDIRI. Dan
semuanya itu kesadaran, dan kesadaran itu cuma SATU
atau TUNGGAL. There is NO TIME, and there is NO SPACE.
Jadi rasanya kita itu TIADA, tapi juga ADA. Jadi
seperti switching between Ada dan Tiada. Itu
experience yang sering disebut sebagai COSMIC
CONSCIOUSNESS.

Nah, salah satu dari 112 teknik di dalam kitab Vigyan
Bhairav Tantra itu menyebutkan tentang "menutup semua
lubang di kepala dan konsentrasi di KESADARAN YANG ADA
DI KEPALA. Nah, kan ada 112 teknik yang dikatakan oleh
Shiva kepada Shakti itu. Semua teknik2 itu VALID untuk
mencapai HENING dan BEYOND HENING itu. Karena tiap
orang memiliki inklinasi berbeda, maka orang bisa
memilih salah satu atau beberapa dari 112 teknik itu
yang paling cocok bagi dirinya.

Aku sendiri mencapai Hening itu melalui teknik yang
EXACTLY THAT ONE. Jadi, tutup saja semua lubang di
kepala (itu artinya figuratif), dan pusatkan kesadaran
di ,... well, kayaknya di titik antara kedua alis itu
_dan juga_ sampai ke daerah di belakang titik itu.
Pokoknya berputar di sekitar sana. Antara daerah dahi
dan belakangnya. Disitu saja berputarnya konsentrasi
kita ketika meditasi, sedangkan semua "lubang" di
kepala itu DITUTUP (diabaikan). That's my technique.
Dari dulu memang begitu.

Cuma, baru2 itu aku baca buku kumpulan percakapan dari
OSHO yang judulnya "The Book of Secrets", disitu Osho
menerangkan 112 teknik dari Vigyan Bhairav Tantra. One
of those techniques yang anda sebutkan itu, yang
TERNYATA memang telah aku praktekkan sejak lama.

Malah kemarin ada yang kirim SMS ke aku dan bilang
bahwa teknik aku itu namanya RAJA YOGA. Well, actually
I don't know about it. Aku gak tahu kalo teknik aku
itu ternyata dikenal sebagai RAJA YOGA. Whatever that
is, kalo mao disebut itu juga gak apa2. I'm not too
particular about terms. Yang penting prakteknya kan,
dan bukan istilahnya ?

A = Betul, trus, kalo orang2 tareqat yg diskusi ama
saya slalu bilang "kamu belon jadi ikhwan, belon di
baiat, jd gak bisa di kasih tau rahasia ketemu Tuhan",
menurut Mas Leo kenapa meraka suka maen rahasia2an ya?
Jgn2 yg dilakukan sama dg Mas Leo itu si Raja Yoga
he.. he..

L = Menurut aku, benernya GAK ADA RAHASIA. Semuanya
itu OPEN SECRET. Kalo mereka ngomong model begitu,
tinggalin aja, gak usah ditanggapin. Biarin aja muter2
di tempat. Aku sendiri always open, segalanya itu
terbuka, gak ada rahasia. Yang penting itu PRAKTEK.

A = Trus, baru2 ini ada yg nawarin saya utk dibuka
"roh suci" saya, nah apa lagi tuh mas ? Saya
trus terang baru denger kalo roh suci bisa dibukain
orang laen; tp mereka seh gak meng klaim sbg
perkumpulan tarekat, cuma saya mikir2 aja, takut
misleading.

L = Cuma ISTILAH SAJA. Banyak istilah macem2. Kalo mao
coba, ya coba aja. Gak ada salahnya kok. Aku sendiri
pernah dikirimin ENERGI INTI BUNDA MARIA. Well, aku
terima aja. Ternyata rasanya enak juga.

A = Oic.

L = Segala macam yang namanya aneh2 itu biasanya
ENERGI REIKI. Itu kan energi yang dibuat oleh
praktisi reiki dan bisa dikasih nama segala macem,
kadang2 namanya aneh, tapi yang penting rasanya kan.
Kalo buat penyembuhan, kalo sifatnya POSITIF terima
aja. Gak ada salahnya. Tubuh kita itu memikili DEFENSE
MECHANISM. Jadi, kalo ternyata gak sesuai, otomatis
akan ditolak. Jadi gak usah takut.

A = Yg saya gak suka, belum apa2 dah di embel2 harus
berubuat baik, rajin ibadah, kalo Islam ya ke mesjid,
trus gak boleh macam2 lah. Lho kok, malah jadi
memenjarakan kebebasan saya..

L = Hmmm, memang ada yang pake SYARAT2. Kalo gak suka
syaratnya, ya tolak aja. Gak apa2. Kalo aku kan
syaratnya cuma IKHLAS dan PASRAH. Terus, MENJADI DIRI
SENDIRI. Jujur sama diri sendiri, sesama, dan Tuhan.
Kalo urusan ibadah, itu BUKAN syarat. Mao ibadah kek,
gak mao ibadah kek, bukan urusan gw, dan juga BUKAN
urusan Tuhan. Setahu gw, Tuhan gak perduli orang itu
ibadah apa nggak. Tuhan cuma perduli manusia itu mao
jadi MANUSIA BENER apa mao jadi MANUSIA GAK BENER.

A = IKHLAS dan PASRAH itu Mas, yg susah di definiskan.

L = Gak usah didefinisikan. Dirasakan aja. Ikhlas
artinya yang sudah lalu ya sudah. Udah gone. Udah
lewat. Itu ikhlas. Gak ngotot untuk kembali ke masa
lalu... Pasrah artinya yang di masa depan gak
dipikirin, gak dpusingin, biarin aja apa yang akan
terjadi. Apa yang terjadi, terjadilah, walaupun bukan
si kupu2 malam. So, akhirnya we live in the PRESENT.
Always in the PRESENT. Saat ini. DISINI.

Nah, kunci untuk mencapai GOD (HENING AND BEYOND,
COSMIC CONSCIOUSNESS, AWARENESS, ELING, ETC...) itu
kan cuma DISINI dan SAAT INI. Selalu disini dan saat
ini. Itu kuncinya. Gak ada masa lalu. Gak ada masa
depan. Cuma ada MASA INI. Saat ini. Detik ini. Disini.
Gak mikir apa2, gak merasa apa2, gak kuatir apa2. Cuma
BE. Just BE. Cuma ADA. Tetapi juga TIDAK ADA. So, di
saat ini, disini, antara ada DAN tidak ada. Itu COSMIC
CONSCIOUSNESS. Well, in a nutshell.

Daripada pada bingung mendingan aku tuliskan aja. In a
nutshell begitu. Tetapi kan harus dirasakan sendiri.
Harus experience sendiri MELALUI MEDITASI. Bisa juga
melalui Tafakur, ... dsb. Teknik bisa macem2, tetapi
hasil akhir sama. Istilah bisa macem2, tapi maksudnya
sama. Gitu lho.

A = Kasih tau dong tips meditasi nya Mas Leo !

L = Search aja tentang "meditasi" di milis
spiritual-indonesia. Bisa juga bacain postingan2 aku
sebelumnya tentang meditasi. There are many methods,
but in the end WE'LL REACH THE SAME DESTINATION. Gak
usah ngotot, gak usah ngoyo. Santay aja, rileks aja...
Aummm Aummm Aummm... --Nice talking with you, Aryo,
till we meet agaih next time, bay bay !!

+++++++++++++

[Leo adalah seorang praktisi PSIKOLOGI TRANSPERSONAL.
Untuk membuat appointment, please call / sms him at
HP: 0818-183-615. Untuk bergabung dengan milis
SPIRITUAL-INDONESIA, please click this link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia>.
Note: Except my own name, all other names used in the
conversations are pseudonyms.].

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
HDTV Support

on Yahoo! Groups

Help with Samsung

HDTVs and devices

Shedding Pounds

on Yahoo! Groups

Read sucess stories

& share your own.

Fitness Edge

on Yahoo! Groups

Learn how to

increase endurance.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: