Selasa, 28 Agustus 2007

[psikologi_transformatif] Studi Kasus

Setelah Minggu lalu Kuis, minggu ini saya coba posting sebuah studi kasus menarik. Jika anda cermat, anda bisa membahas studi kasus ini dari banyak sudut dan bisa memancing diskusi menarik. Silahkan dibahas.


Studi Kasus: Schneider, veteran Perang Dunia I, terluka pada otaknya akibat pertempuran. Cacat ini mengakibatkan simptom-simptom ganjil yang tidak dijumpai pada manusia normal: persepsinya terbatas hanya pada apa yang sedang ia lakukan. Schneider tidak mampu mengarahkan diri ke masa silam maupun masa depan dan tidak dapat menyimpulkan siapa dirinya.

Veteran yang bekerja di pabrik dompet ini tidak mampu membuat gerakan-gerakan abstrak jika matanya tidak terbuka. Misalnya, ia tidak mampu menggerakkan lengannya atas permintaan dokter jika matanya terpejam. Namun, ia tidak memiliki kesulitan menggerakkan tangannya, jika ia mengamati lengannya secara visual saat ia menggerakkannya. Itupun dilakukannya saat ia membuat dompet di tempat kerjanya.

Selain itu Schneider juga tidak mempunyai kesulitan sama sekali untuk menggaruk tempat yang gatal pada kakinya yang baru saja digigit nyamuk, namun ia memiliki kesulitan luar biasa untuk menunjukkan tempat gigitan nyamuk itu.


Got a little couch potato?
Check out fun summer activities for kids.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Best of Y! Groups

Check it out

and nominate your

group to be featured.

Food Lovers

Real Food Group

on Yahoo! Groups

find out more.

Health & Fitness

on Yahoo! Groups

Useful info for the

health conscious.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: