Selasa, 25 September 2007

[psikologi_transformatif] INSPIRASI JAMES GWEE MENJELANG SEMINAR LOVE WHAT YOU DO DO WHAT YOU LOVE (1)


Inspiration # 1
During working hours, sales people should NEVER go and drink coffee together with fellow sales people! They should only drink coffee with their customers!
(James Gwee)
Sesungguhnya seorang wiraniaga atau salesperson tidak membiasakan diri hanya menghabiskan waktu dengan teman sesama salesperson khususnya di jam jam produktif karena sesungguhnya salesperson lain  tersebut adalah competitor dia. Mungkin kita takut dikatakan sombong karena tidak mau membaur tapi coba teliti mereka mereka yang hanya menghabiskan waktunya untuk kongkow di kantor sambil minum kopi apakah prestasi jualannya bagus? Jangan jangan untuk menjual angka minimum saja mereka tidak mampu. Dan mereka biasanya tidak mau sendirian, ada saja caranya untuk meracuni rekan rekan kerja lainnya dan jika anda tidak hati hati anda akan terjebak rayuannya dan hanya menghabiskan waktu nongkrong minum kopi bareng sesama salesperson.
Ada saja alasan mereka yang mengeluh jalanan macet, kantor kantor satpamnya galak jadi susah nembus barikade yang dipasang perusahaan, bensin mahal jadi engga bawa mobil, komisi kecil jadi harus irit, pokoknya pecundang selalu punya alasan untuk mencari pembenaran. Semua alasan di atas memang benar tapi kita harus cerdik menyikapi ketatnya sekuriti di perkantoran:
  1. Seorang salesperson harus punya networking di berbagai profesi, hobby, milis  atau lingkungan, dengan demikian kita harus bisa memanfaatkan setiap pertemuan dengan prospect justru saat ada acara kopdar atau tedar. Aktif di milis khususnya yang sesuai dengan target market dia
  2. Usahakan untuk makan siang di tempat para eksekutif ngumpul, dan pasang mata yang jeli karena biasanya mereka makan siang di tempat tertentu dan jarang pindah pindah. Kalau sudah beberapa kali papasan, berikan senyum persahabatan dan pasti sesudahnya kalian akan bisa berteman
  3. Memang minum kopi di Coffee House mahal tapi biasanya disanalah target market anda berada jadi sesekali nongkrong di sana tidak apa apa, tapi sebaiknya malah jangan mengajak teman karena nantinya anda akan sibuk ngobrol sendiri sehingga tidak menyadari situasi di luar diri anda. Kalau perlu duduklah di meja yang sudah ada orangnya dan berkenalan
  4. Jam jam happy hour juga bisa digunakan untuk memperluas jaringan karena biasanya harganya murah.
  5. Nongkrong di lobby hotel bintang 5 juga bisa menjadi peluang untuk mencari prospect.
  6. Ikut club fitness, golf, tennis, fustal dll sangat bagus untuk networking
  7. Ikut seminar seminar motivasi dll sangat bagus karena biasanya ada acara untuk saling bertukar kartu nama
  8. Kartu kartu nama yang anda terima harus diberi tanda dimana dapatnya kalau bisa gambar boleh juga digambarkan ciri ciri orangnya jadi anda tidak lupa. Lakukan keep in touch sesekali dengan mereka untuk memastikan mereka mengingat anda.
Bisa dimengerti khususnya salesperson yang masih baru pasti kurang pede untuk membuka networking khususnya dengan mereka yang belum dikenal, namun tidak ada cara lain, jika anda seorang introvert maka yang paling efektif adalah menjadi member milis namun harus aktif menulis sehingga nama anda dikenal. Dengan cara ini anda akan nyaman tidak usah merasa demam panggung dalam berhadapan langsung dengan seseorang yang belum kenal. Jadi setelah berkenalan melalui milis bisa dilanjutkan untuk kopdar. Mudah bukan?
Salam Epos,
Lies Sudianti
Founder & Moderator the Profec
0816995258
98095248
 
Seminar JAMES GWEE: LOVE WHAT YOU DO DO WHAT YOU LOVE, 9 Oktober 2007 jam 18.00-21.00 di BPPT ruang komisi 2 & 3,  Jl. MH Thamrin no. 8 lt 3, Jakarta Pusat. Member Profec Rp. 75.000, milis sahabat Rp. 85.000, umum Rp. 100.000 (makan nasi kotak, buka puasa, sertifikat & extra bonus CD berisi 4 Extra E-book tentang leadership.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Real Food Group

Share recipes,

restaurant ratings

and favorite meals.

Best of Y! Groups

Discover groups

that are the best

of their class.

Yoga Groups

Exchange insights

with members of

the yoga community.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: