Selasa, 25 September 2007

Re: [beasiswa] [INFO] Tips Beasiswa ke Taiwan-DPU

Tambahan lagi,

Untuk DPU, silahkan dicoba sebagai visiting fellow selama 1 bulan di kampus2 Taiwan agar mengenal perkembangan penelitian/teknologi disana dan memperluas jaringan. Sayang, waktu yg sangat singkat (1 bulan) membuat adanya keterbatasan untuk melakukan riset mendalam. Namun beruntung host waktu itu, baik sekali mengatur jadwal kegiatan selama menjadi "peneliti tamu" (walaupun bisa dikatakan banyakan jalan2 nya).

Jika hubungan kita baik dengan host, ada saja professor yg menawarkan beasiswa univeristas dan studi PhD disana dengan cara yg sangat informal (sembari minum kopi bersama). Seperti nya ada jatah per jurusan untuk beasiswa kampus (15,000 - 20,000 NTD). Sedangan beasiswa MS/MA dan PhD dari DPU saya tidak tahu.Tidak ada pengalaman. Sukses.

URL: http://www.dpu.org.tw/En/Service.php?ID=37


rian fer <rian_fer@yahoo.com> wrote:
Tambahan...
Saya Rian, kebetulan saya dapat beasiswa S2 di STUT, Tainan, Taiwan.
satu hal yang mau saya tambahkan, saat mencari univ dan jurusan yang kawan-kawan inginkan jangan lupa untuk lihat juga apakah univ or jurusan yang kawan-kawan tuju menawarkan free mandarin foundation, soalnya beberapa univ mengharuskan mahasiswa int'l-nya bayar untuk yang satu ini, walaupun tidak wajib ikut.

pertama kali saya datang ke Taiwan saya pikir tidak penting untuk ikut kursus singkat bahasa mandarin, namun setelah 2 bulan disini saya baru menyadari bahwa kursus singkat itu sangat membantu saya, terutama dalam menjalankan kehidupan sehari-hari

kalau ada yang sangat tertarik untuk S2 ke STUT (Southern Taiwan University of Technology = Univ teknologi swasta pringkat 1 di taiwan tahun 2006), biasanya mereka buka beasiswanya tiap bulan januari, alhamdulilah fasilitas disini sangat tidak mengecewakan, soal biaya hidup gak jauh sama jogja kok. saya sangat berharap tahun depan lebih banyak mahasiswa indo di STUT karena saat ini kami hanya ber 5 dan tahun lalu mahasiswa indo hanya 1 orang.

butuh info lebih lanjut bisa via japri

ferian
IMBA STUT

Bayu Andalas <blopzapz@yahoo.com> wrote: Dear Rekan2 Pemburu Beasiswa..

Berikut ini, saya ingin coba memberikan beberapa tips bagi teman2 yang berencana untuk melanjutkan studi di taiwan, mengejar beasiswa tentunya.

seperti yang telah dijelaskan kepada teman-teman dari formmit sebelumnya, saat ini, pemerintah taiwan memang sedang menggenjot pendidikannya, agar tahun 2008 dan 2009 universitas2nya mampu untuk masuk ke urutan 100 besar dunia, hal ini dapat dilihat secara mikro, dari jumlah mahasiswa asing, dan juga jumlah beasiswa yang diberikan oleh negara ini kepada mahasiswa/i nya. enaknya belajar di taiwan ini, kualitas pendidikannya yang sangat baik, sebagai gambaran, di universitas saya, asia university, instruktur saja minimal berkualifikasi Phd.lulusan amerika atau inggris. fasilitas kampus yang sangat baik, biaya hidup yang murah, dan yang lebih diutamakan adalah ketersediaan beasiswa yang memadai.

Beasiswanya ada yang untuk s1 , s2 , s3.. sejauh yang saya tahu adalah beasiswa untuk s2, saya belum tahu tentang s1 dan s3. Mungkin untuk s1 sama, tapi s3 belum tahu..mohon dikoreksi..
berikut ini adalah langkah-langkah yang sebaiknya teman-teman lakukan dalam mengejar beasiswa yang ada di Taiwan:
langkah pertama yang teman2 lakukan adalah:

1. Mencari Universitas
cobalah 'googling' di internet, tentang universitas2 di taiwan, ketahui lebih banyak tentang jurusan dan universitas yang dituju oleh teman2. browsinglah web universitas yang bersangkutan, jangan takut kalau universitas tersebut mengunakan bahasa mandarin, gunakan web translator! rata2 universitas di sini sangat baik, walaupun kadang2 websitenya katro! kulit selalu menipu.cari tahu tentang syarat2 yang ada.

2. Setelah menemukan universitas dan jurusan idaman, hubungi via email atau telepon International Affair dari universitas tujuan tersebut.tanyakan, beasiswa atau sumber pembiayaan kuliah yang ada.

biasanya ada 4jenis beasiswa yang ditawarkan, yakni:
- Goverment Schloarship (TETO) yang merupakan beasiswa yang paling lux, karena jumlahnya cukup besar, sekitar 30.000 NTD/9 juta rupiah per bulan.lumayan bisa beli mobil ato modal kawin pas pulang ke indo..hehe (beasiswa ini langsung dari pemerintah, jadi

-Special Scholarship, atau beasiswa khusus, saat ini ada beasiswa khusus mahasiswa yang berasal dari daerah yang terkena bencana, seperti Aceh.besarnya berkisar 20.000 NTD/6 juta per bulan

- Founders scholarship, beasisa ini biasanya diberikan oleh kampus langsung kepada mahasiswanya, atau berasal dari sumbangan pendiri yayasan, dll. besarnya bervariasi, rata-rata sekitar 15.000 NTD/bulan.

-Kerja sambil kuliah/ waiver di kampus. wajib kerjanya biasanya 10 jam seminggu, sampai lulus. besarnya juga bervariasi. biasanya digaji 4.000 NTD per bulan. tapi udah bersih karena sudah dipotong2 sama biaya kuliah sama dorm.

oiya. beasiswa TETO,special, dan founders itu belum dipotong kuliah , asrama, asuransi, dll.lho. besarnya bervariasi, mulai dari 30.000 sampai 60.000 NTD per semester.itung aja sendiri yah..heheh

2. Daftar ke universitas yang dituju!
Lengkapi semua persyaratan yang ada! application form, Toefl, recommendation letter, dll. lalu kirimlah ke universitas tujuan. Oya..jangan lupa juga untuk terus hubungi international affair tentang ketertarikan kita sama salah satu beasiswa, berikan saja semua permintaan mereka. sambil berdoa dengan khusyuk..hehe

3. Setelah dapat surat penerimaan/pemberitahuan dari kampus..voila!..coba lihat di surat penerimaan, beasiswa apa yang anda dapat?biasanya didalamnya berisi semua keterangan tentang panduan pengurusan visa, dormitory. Dsb..

4.Kalau kuliah belum diterima?tenang saja, kegagalan adalah rezeki yang tertunda, asah lagi kemampuan toefl dan mandarin anda. Usahakan untuk apply lagi!. Belum dapat beasiswa?, jangan patah arang dulu..masih ada satu lagi alternative..yakni beasiswa pemerintah(TETO). Hubungi Mr. Rudi Tan, dari bagian akademik dan beasiswa di kantor TETO Jakarta(Menara Artha Gading lt.17). minta formulirnya. Siapkan kopi dari application form anda, lengkapi semua persyaratan yang ada.. berdoalah, biasanya H-1 bulan sebelum keberangkatan. akan dikabari apakah kita dapat beasiswa atau tidak?

5. Urus Visa dan Tiket..berangkat deh..hehe
Selamat mencoba..
Mohon dikoreksi kalau memang ada yang salah, semua ini saya tulis berdasar pengalaman saya sendiri..hidup di Negara orang ga selalu seindah di angan2..tetapi dapat menjadi pengalaman pribadi yang sangat berharga..semoga berhasil buruannya jack!

Hormat Saya,

Bayu Andalas
International Master of Business and Administration
Asia University Taiwan

---------------------------------
Moody friends. Drama queens. Your life? Nope! - their life, your story.
Play Sims Stories at Yahoo! Games.

[Non-text portions of this message have been removed]

---------------------------------
Moody friends. Drama queens. Your life? Nope! - their life, your story.
Play Sims Stories at Yahoo! Games.

[Non-text portions of this message have been removed]


---------------------------------
Boardwalk for $500? In 2007? Ha!
Play Monopoly Here and Now (it's updated for today's economy) at Yahoo! Games.

[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: