Senin, 29 Oktober 2007

[psikologi_transformatif] LYNETTE: Situasi Defisit

LYNETTE: Situasi Defisit

Apakah anda sebagai pemimpin pernah menghadapi situasi seperti ini?

Pada rapat mingguan mereka, Lynette, manajer baru dari tim customer service, menjelaskan mengenai kinerja buruk timnya dan apa yang akan ia lakukan untuk meningkatkan kinerja tersebut. Ketika Lynette mulai berbicara, beberapa manajer di dalam ruangan tersebut mendengarkannya dengan sopan, sementara ada manajer-manajer lain (senantiasa orang-orang yang sama dari minggu ke minggu) mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengklarifikasi.  Pada akhir dari presentasi Lynette, sang atasan mengucapkan terima kasih padanya dan mengatakan bahwa ia menanti perkembangan dari hasil perencanaan Lynette pada bulan berikutnya. Setelah itu, rapat pun kembali berjalan seperti semula. Akan tetapi, ada banyak hal yang belum tersampaikan.

Ada lebih dari satu manajer yang tidak setuju dengan analisis Lynette akan permasalahan tersebut. Namun mereka tidak mengatakan apapun. Beberapa orang tidak mengatakan apapun karena takut akan membuat malu Lynette. Beberapa orang lainnya hanya diam saja karena takut berdebat. Doug mulai berpikir apakah Lynette benar-benar seorang manajer yang berkompeten dan memahami situasi yang ada di timnya. Marlene percaya bahwa Lynette mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, tetapi memilih untuk tidak mengemukakan semuanya di rapat demi melindungi anggota-anggota di tim customer service. Bruce berpikiran bahwa Lynette berupaya untuk melindungi dirinya sendiri dengan cara menutup-nutupi permasalahan yang sebenarnya. Sondra berpikiran bahwa Lynette adalah seorang manajer yang baik hati, hanya saja anggota-anggota timnya seringkali mengambil keuntungan dari sifat Lynette tersebut. Orang-orang lain yang hadir di rapat itu pun memiliki berbagai pikiran dan opini yang mereka simpan sendiri.

Setelah rapat selesai, beberapa dari mereka yang hadir di rapat berkumpul dalam kelompok-kelompok kecil, pada saat minum kopi atau makan siang, dan percakapan mereka pun mulai bergulir pada apa yang sebenarnya terjadi di tim Lynette dan apa yang sebenarnya akan dilakukan oleh Lynette untuk mengatasi hal tersebut dan mengapa ia hanya mengatakan hal-hal tertentu saja.
Berbagai opini yang muncul mulai dipertanyakan dan dibahas. Nantinya, bila mereka menjalin interaksi dengan anggota-anggota tim Lynette, mereka akan berupaya untuk mencari petunjuk-petunjuk yang dapat mendukung ataupun membantah berbagai opini mereka sebelumnya.  Pada saat yang sama, para manajer lain mulai mengembangkan opini masing-masing akan motivasi dan kompetensi Lynette yang sebenarnya. Tentu saja, berbagai opini dan pikiran mereka ini, tidak ada yang dikemukakan ke Lynette.

Beberapa bulan kemudian, motivasi dan sejumlah permasalahan Lynette berkembang di tiap-tiap kelompok kecil dan hal ini akan mempengaruhi cara berinteraksi mereka dengan Lynette......

Lengkapnya di http://appreciativeorganization.wordpress.com/2007/10/17/lynette-situasi-defisit/


Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Endurance Zone

A Yahoo! Group

Learn how to

increase endurance.

Featured Y! Groups

and category pages.

There is something

for everyone.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: