Senin, 29 Oktober 2007

Re: [psikologi_transformatif] Fwd: Re: [KomPati] RE: Yuk kita rame2 menghancurkan Vincent Liong


pak Gun pengen di gun sama pak Adhi yach..  doll! doll! doll!

The image

ganteng-ganteng ko' jualan kuweh sich.. jualan dekon aja dech..




On 10/30/07, monde78100 < monde78100@yahoo.com> wrote:

Yang terhormast Mas Goen, kok maunya sama Mas Merkurius Adhi terus?
Monde jadi nggak enak nih, duh, maafin Monde ya Mas Merkurius Adhi
kalau baca. Untuk urusan marah-marah, apa yang marah-marah di milis
itu setelah didekon? Jadi semua sudah didekon ya? Bagaimana
dinamikanya dalam kacamata nurani Mas Goen? Monde dikasih penjelasan
dong rantainya, kalau cuma klaim, kesimpulan .. hehehe Monde
bingung.. kata Pak Guru di sekolah, kita harus menekankan dan
menghargai proses, tidak hanya hasil akhir, sehingga bisa mendapat
pemahaman menyeluruh dan tidak menghentikan proses pembelajaran,
kalau ada kekeliruan bisa kelihatan gitu.. bisa diurai.

Kalau caci maki bagaimana Mas Goen? Pasti Mas Goen juga faham
tentang amarah, bagaimana ekspresi marah yang positif, tidak anarki
atau mencaci? Marah secara konstruktif, bagaimana hati nurani di
sini Mas Goen?

Kok hati nurani mengincar kubu? Bukannya untuk menyelinap dan
berbisik hingga mendatangkan saling pengertian dan damai? Apa
hubungannya sama raba-raba Mas Goen? Aih.. sepertinya Monde lihat di
sini banyak yang nuraninya pada gundul, mesti ditanamin lagi.. lha
Mas Goen yang penanam atau ..?

Silahkan cicipin monde nya Mas Goen, sambil nyeruput teh hangat juga
boleh, biar ga marah-marah;)



--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
<goenardjoadi@...> wrote:
>
> ya yayayaya,
>
> Mas Merkurius Adhi khan juga pernah marah-marah soal asal usul
hati
> nurani ini. ini juga karena efek dekon, amarah.
>
> kalau saya, saya mau di dekon sama Mas Merkurius Adhi, tapi gak
pake
> diraba-raba ya.
>
> salam,
> goen
> [suka geli....]
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "monde78100"
> <monde78100@> wrote:
> >
> > Ternyata Mas Goen suka maen hom pim pah ya.. Monde lebih takjub
> > lagi, karena Mas Goen kok bisa mengatakan 'semua juga karena
efek
> > dekon, amarah' .. wah..wah.. atau diam-diam sudah ikutan dekon
ya?
> > Siapa yang mendekon? atau mengamati pake nurani semua dekon,
> lha..
> > apa iya hasilnya amarah? Kalo begitu, besok-besok temeni Monde
> > jualan monde yang legit ya.. ke orang-orang yang dekon, bukan
> monde
> > gosong deh.. nanti Monde bilang ke pabrik_t sekalian ajak
pengawas
> > yang super disiplin om haute.
> >
> > Tapi Mas Goen, bukankah maaf, minta maaf juga memberi maaf itu
> dari
> > nurani? kok hom pim pah, seperti petak umpet? Ah.. atau hati
> nurani
> > ogah di sini? Bukannya itu yang dirindukan kala amarah
menggelora
> > (jika itu rasa yang didapat oleh Mas Goen dari dekon). Atau hati
> > nurani itu ternyata bisa untuk hom pim pah? Monde rasa perlu
> berguru
> > nurani juga ke Mas Goen (Mahaguru caci maki, pabrik_t, mau
gabung
> > tidak?) Mungkin bisa lahir mata kuliah Caci Maki berdasar Nurani
> > atau Nurani berdasar Caci Maki? Hm.. Monde tunggu deh..
> >
> > Atau Mas Goen mau berbagi nurani di milis ini dengan sepenuh
hati
> > nurani? Sudah sekian waktu kan Mas Goen di sini dengan nurani?
> >
> > Mas Goen mau beli monde juga? Ga bikin marah deh... kecuali kalo
> > yang gosong, hehehe..
> >
> > ;)
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> > <goenardjoadi@> wrote:
> > >
> > > hompimpah saja, siapa yang kalah minta maaf duluan, lagian ini
> > semua
> > > juga karena efek dekon, amarah.
> > >
> > > salam,
> > > goen
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "sinagahp"
> > > <sinagahp@> wrote:
> > > >
> > > >
> > > > --- In Komunikasi_Empati@yahoogroups.com, Mang Iyus
<juswan@>
> > > wrote:
> > > >
> > > > Netters,
> > > >
> > > > Kejadian ke Solo terjadi setidaknya 3 bulan yang lampau.
> Banyak
> > hal
> > > > telah berubah sejak waktu itu.
> > > > Termasuk perubahan pada karakter Vincent sendiri yang tampak
> > bagi
> > > saya
> > > > yang "menjaga jarak"
> > > > selama 3 bulan terakhir ini sehingga dapat melihat dengan
> > > sedikit "lebih
> > > > obyektif" karena tidak
> > > > terlibat secara pribadi.
> > > >
> > > > 1. Semua analisis, baik yang dilakukan oleh B. Sudjanto
maupun
> > oleh
> > > > Vincent, sifatnya "post hoc"
> > > > Artinya analisis dibuat "post mortem" yaitu SETELAH semuanya
> > telah
> > > > terjadi dan menjadi data historis.
> > > > Maka penafsiran terhadap kejadian tersebut dilatarbelakangi
> > > situasi dan
> > > > kondisi SEKARANG ini,
> > > > yaitu setelah terjadi PERUBAHAN paradigma berpikir maupun
> > perubahan
> > > > sikap dan perilaku ybs.
> > > > Termasuk di dalamnya fakta adanya "peperangan virtual" di
dunia
> > > > maya/mailing list sebagai latar
> > > > belakang pembuatan analisis. Akibatnya beberapa pandangan
> > kemudian
> > > > menjadi agak BIAS.
> > > >
> > > > 2. Misalnya saja "tuduhan" Vincent bahwa Leo mengajaknya ke
> Solo
> > > dalam
> > > > kerangka "black
> > > > scenario" untuk "memojokkannya sejak awal". Saya berani
> berkata
> > > bahwa
> > > > hal ini PASTI tidak benar
> > > > dan lebih merupakan suatu OPINI subyektif yang apriori. Saat
> itu
> > > > hubungan pribadi Vincent dan
> > > > Leo masih baik-baik saja. Tuduhan bahwa Leo menjadi bagian
> dari
> > > kubu
> > > > Pabrik_T sama sekali
> > > > tidak memiliki dasar, apalagi dasar yang kuat. Vincent kini
> > > melihatnya
> > > > dari cermin yang sudah buram.
> > > > Kata-kata seperti "ditindas dan "dipojokkan" selama 2 minggu
> > > aromanya
> > > > sangat pleonasme juga.
> > > > Permusuhan Vincent dengan Audifax juga dimulai saat Vincent
> mau
> > > mendepak
> > > > Pabrik-T tetapi
> > > > dicegah Audifax yang justru mengeluarkan Vincent dari milis
> Psi-
> > > Trans.
> > > > Kalau 'casus belli' itu tidak
> > > > ada maka perang juga tidak terjadi. Kejadian Auduifax
menginap
> 2
> > > bulan
> > > > di rumah Vincent
> > > > diungkit-ungkit beberapa kali. Kalau saya jadi Auduifax maka
> > > sayapun
> > > > akan meradang karena
> > > > kesannya tidak tulus memberikan tumpangan bagi yang lagi
> perlu.
> > Ini
> > > > membuat luka batin juga.
> > > >
> > > > 3. Sebagai observer luar yang berusaha independen saya
memang
> > > mengamati
> > > > adanya semacam
> > > > "persaingan tersamar" yang "agak kurang sehat" antara Leo
dan
> > > Vincent
> > > > walaupun saling mengaku
> > > > sebagai "saudara angkat" tetapi sekaligus ada
semacam "sibling
> > > rivalry"
> > > > untuk mengkatrol
> > > > popularitas pribadi dan kulakan/bakulan masing-masing.
> > > > Pada saat pertemuan di Pasca Sarjana Sahid maupun di
Kesehatan
> > > > Masyarakat Untar, maka
> > > > Leo tampak mencoba "mengkonter keadaan" dengan menunjukkan
> > > kebolehannya
> > > > dalam meramal
> > > > Tarot. Padahal jelas-jelas bahwa "panggung diskusi" tersebut
> > > tujuannya
> > > > khusus membahas materi
> > > > Komunikasi Empati. Jelas bahwa kesempatan meramal secara
> > > gratis "lebih
> > > > menarik" daripada
> > > > diskusi mengenai Komunikasi Empati yang berat-berat dan
masih
> > kabur
> > > > entah "what species".
> > > > Ada hubungan apa dan urusannya Komunikasi Empati dengan
Acara
> > > Penebaran
> > > > Tarot?
> > > > Kalau semua terdekon bisa instant baca Tarot mka kulakan Leo
> > sudah
> > > pasti
> > > > bakal terancam.
> > > > Bahwa pada awalnya Leo selalu mendukung Vincent merupakan
> fakta.
> > > Namun
> > > > tidak pula dapat
> > > > diabaikan sebaliknya Leo juga "sedikit banyak" mendapat
> dukungan
> > > dari
> > > > Vincent pada saat
> > > > kariernya sebagai pembaca tarot masih mandeg dan belum
terlalu
> > > terkenal
> > > > seperti keadaannya
> > > > akhir-akhir ini yang relatif sudah maju pesat dengan klien
> > > mancanegara
> > > > pula.
> > > >
> > > > 4. Jelas antara karakter Vincent yang polos, cengengesan,
> kurang
> > > santun,
> > > > norak dan resek
> > > > dan kerap menjengkelkan itu bersifat antagonis dengan
karakter
> > Leo
> > > yang
> > > > kalem, santun,
> > > > siap melayani orang dengan (semula) ramalan gratisnya.
> > > > Kalau ditanya omongan siapa yang lebih menarik dan
dipercayai
> > saya
> > > pikir
> > > > jawabannya juga jelas.
> > > > Namun saya tidak mau bersikap hitam atau putih. Apakah Leo
> atau
> > > Vincent
> > > > yang 'totally white'
> > > > atau 'totally black'? Saya pikir tidak ada kategorisasi
> seperti
> > itu
> > > > untuk karakter manusia. Jadi tidak
> > > > fair kalau membagi mereka menurut kriteria tersebut. Yang
satu
> > > kulakan
> > > > kompati yang lainnya kulakan
> > > > Tarot. Yang satu kulakan Dekon yang lainnya kulakan Rekon.
> Yang
> > > satu
> > > > kulakan Instink yang
> > > > lainnya kulakan Intuisi. Semula sih (katanya) inginnya
saling
> > > mengisi
> > > > tetapi "setelah merasa kuat"
> > > > ingin saling bersaing saling mematikan. Nafsu mematikan ini
> > jelas-
> > > jelas
> > > > lebih kuat pada satu pihak
> > > > yang pernah mengutuk (umpamanya soal futie dsb) dibandingkan
> > dengan
> > > > pihak lainnya yang flat.
> > > > Kedua-duanya "ngerjain" orang dengan bayaran (relatif mahal)
> > tetapi
> > > > sama-sama tidak berani
> > > > menjamin "keberhasilan" apapun dari kegiatan operasinya.
> > > > Adonan ramalan ialah 35% truth, 35% bullshit dan 30% sugesti
> > > mengambang.
> > > > Kalau ramalan nasib bagus tepat maka asalnya dari 35% truth
+
> 30%
> > > > mengambang.
> > > > Kalau nasib sial maka pasrah saja karena asalnya 35%
bullshit
> +
> > 30%
> > > > ngambang.
> > > > Apapun kejadiannya outputnya dikonfontrir dengan ramalan
maka
> > > peramal
> > > > tetap safe terhadap
> > > > tuduhan malpraktek. Begitu pula dengan dekon, sejak
> > semula "sudah
> > > pasang
> > > > tameng" bahwa
> > > > tidak menjanjikan "perubahan" apapun. Jadi kalau "mengharap
> > > perubahan"
> > > > maka salah sendiri
> > > > kenapa mau didekon. Ibarat beli jamu obat kuat: jika 'jadi
> joss'
> > > maka
> > > > diam-diam saja
> > > > karena happy tetapi kalau 'tetap loyo' juga diam-diam saja
> > karena
> > > malu
> > > > ketahuan bodonya.
> > > >
> > > > 5. Kini setelah Leo "mapan" dengan bisnis Tarot dan M-3
dengan
> > > sistem
> > > > tarif yang mirip sistem
> > > > Vincent (mula-mula 300 kini 500 dan di Mal) tentu mampu
> > > berbicara "agak
> > > > keras" karena
> > > > sudah tidak membutuhkan sama sekali dukungan apapun dari
> > Vincent,
> > > baik
> > > > secara moral
> > > > apalagi secara material.
> > > >
> > > > 6. Pemisahan 'elmu' yang "totally instinctive" dan "totally
> > > intuitive"
> > > > saya pikir juga sangat absurd,
> > > > tidak logis, sekaligus keliru juga. Mana ada manusia yang
> tidak
> > > punya
> > > > intuisi? Mana ada sih
> > > > manusia yang tidak punya instink? Tajam atau tumpul soal
kedua.
> > > > Kebutuhan akan pangan,
> > > > shelter dan seks jelas-jelas instinktif. Siapa yang gak
punya?
> > > Bahkan
> > > > rohaniwan yang pedofil
> > > > masih punya godaan-godaan seksual yang instinktif, demikian
> juga
> > > mereka
> > > > yang senang dijamu
> > > > gelojoh/makan enak dan yang suka minum-minum alkohol di
biara.
> > > >
> > > > 7. Menurut paradigma evolusi Darwinian jelas pada otak
manusia
> > > tampak
> > > > bahwa kemampuan-
> > > > kemampuan instinktif MENDAHULUI kemampuan-kemampuan
intuitif.
> > > Kemampuan
> > > > yang terakhir
> > > > ini baru dimulai pada saat homo sapiens memiliki organ
> > > CEREBELLUM/otak
> > > > kecil - neo-korteks
> > > > untuk berpikir logis dan amygdala untuk merasakan secara
> > emosional
> > > (
> > > > yang lebih dulu ada
> > > > dari neo korteks tetapi lebih belakangan dari lobus
> pendengaran
> > dan
> > > > penglihatan. Letaknya di
> > > > endoencephalon).
> > > > Maka kemampuan intuitif MELENGKAPI kemampuan instinktif dan
> sama
> > > sekali
> > > > bukan untuk
> > > > substitusi menggantikannya. Menuduh Vincent totally
unstinktif
> > sama
> > > > sekali tidak berdasar. Sic!
> > > >
> > > > 8. Fakta kehidupan modern membuktikan bahwa kemampuan-
kemampuan
> > > > instinktif manusia
> > > > kota/urban telah menjadi semakin TUMPUL bahkan hampir
lenyap.
> > > Sedangkan
> > > > pada manusia
> > > > desa terutama daerah terpencil/terisolasi kemampuan
instinktif
> > itu
> > > masih
> > > > sangat tajam dan kuat.
> > > > Sistem pendidikan modern yang mengandalkan 'kecerdasan
> rasional'
> > > semakin
> > > > menekan habis-
> > > > habisan baik 'kemampuan intuitif' apalagi 'kemampuan
> instinktif'
> > > > siswa-siswa sekolah maupun
> > > > alumni akademik.
> > > >
> > > > 9. Sinyalemen Vincent ada benarnya. Orang yang terlalu
banyak
> > > bicara
> > > > soal "supra natural"
> > > > ("bangunan atas = supra struktur) kerap kali kehilangan
> fondasi
> > > yang
> > > > kuat pada "struktur bawah".
> > > > Melayang-layang di menara gading. Ibarat ilmu silat tidak
> > mempunyai
> > > > bhesi/kuda-kuda yang
> > > > kuat dan kalau sekali saja disabet kakinya pakai sapuan
bawah
> > maka
> > > > segera akan rubuh.
> > > > Akibatnya, banyak orang yang menyibukkan diri dengan urusan
> > > spiritual
> > > > dan sorgawi tetapi
> > > > sangat rapuh dalam soal soal keduniawian. Kedua sub-struktur
> > inipun
> > > > sidatnya
> > > > KOMPLEMENTER dan sama sekali bukan diametral apalagi
> > antagonistik.
> > > > Gereja atau mesjid juga tidak bisa dibangun kalau tidak ada
> duit
> > > para
> > > > pengusaha donatur yang
> > > > menjadi umatnya, bahkan untuk urusan makan dan lodgingnya
juga.
> > > > Tidak ada duit juga para paderi tidak bisa dikirim untuk
studi
> S-
> > 2
> > > atau
> > > > S-3 di manca negara.
> > > >
> > > > 10. Pertanyaannya kemudian ialah mana yang perlu
didahulukan?
> > Bikin
> > > > "fondasi" lebih dahulu atau
> > > > pasang "atap". Tak usah jadi insinyur untuk menjawab
> pertanyaan
> > > ini.
> > > > Tanpa struktur fondasi
> > > > tidak mungkin bisa dipasang atap. Orang tidak bisa ujug-
ujung
> > mau
> > > pasang
> > > > dinding, apalagi atap,
> > > > bila tidak pakai fondasi. Memang bisa, tetapi begitu ada
> banjir,
> > > longsor
> > > > atau gempa maka seluruh
> > > > bangunan jadi ambrol. Demikian pula yang
> mengandalkan "kemampuan
> > > > intuisi" saja bila terjadi
> > > > gempa/longsor/banjir di kawasan dapurnya yang tidak berasap
> maka
> > > > semuanya jadi hancur
> > > > berantakan tanpa ampun.
> > > >
> > > > 11. Anjing memang binatang dan dianggap "punya perasaan"
> > terutama
> > > sifat
> > > > "kesetiaan" dan tentu
> > > > saja ini semua semata-mata hanyalah soal "kebiasaan yang
> > terbentuk"
> > > > selama beberapa kurun
> > > > waktu. Pembandingan karakter manusia dengan kareakter anjing
> > > tentulah
> > > > hanya bersifat analogi.
> > > > Anjing tidak punya moral tetapi manusia seharusnya punya.
> Karena
> > > > amygdala belum berkembang
> > > > pada organ otak anjing maka anjing akan menunggang biangnya
> > > sendiri. Hal
> > > > itu tidak mungkin
> > > > terjadi pada manusia yang beradab yang mampu menghindari
> hubungan
> > > > incest.
> > > > Maka menarik kesimpulan bahwa anjingpun mempunyai kecerdasan
> > logis
> > > untuk
> > > > membuat range
> > > > dan scale (rentang dan skala) hanyalah PROYEKSI paradigma
> > berpikir
> > > > Vincent yang diterapkan
> > > > pada anjing. Bukan secara ipso facto memang ada proses
> berpikir
> > > demikian
> > > > itu pada seekor anjing.
> > > > Kalau tesis Vincent benar maka semua anjing manapun di dunia
> ini
> > > mampu
> > > > membuat rentang dan
> > > > skala. Anehnya semua anjing pasti menggonggong ke tukang
korek-
> > > korek
> > > > sampah. Itulah instink
> > > > murni anjing dan bukannya akibat proses dekon.
> > > >
> > > > Ini hanya refleksi pribadi yang diusahakan seobyektif
mungkin
> > tanpa
> > > > melakukan "judging" terhadap
> > > > kedua sohib saya Vincent maupun Leo. Dan saya hanya (seperti
> > > diajarkan
> > > > Leo) harus "berbicara
> > > > apa adanya" tanpa perlu merasa berpihak secara partisan
kepada
> > > pihak
> > > > manapun. Maaf-maaf kata
> > > > kalau sekiranya ada yang merasa tersinggung oleh tanggapan
> saya
> > > ini.
> > > >
> > > > Mang Iyus
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Vincent Liong wrote:
> > > > Bagian I
> > > > >
> > > > > Vincent Liong answer:
> > > > >
> > > > > Pada saat pergi ke Solo tsb memang saya bermental
> > > > > seperti bahkan lebih dari Blacky. Ketika seekor Blacky
> > > > > ditekan, dipojokkan diinjak-injak yang bisa dilakukan
> > > > > hanya makan dan minum lebih, juga beol dan kencing
> > > > > lebih banyak. The point is saya harus membuat
> > > > > subsitusi dari kondisi dipojokkan dan dipermainkan
> > > > > dengan cara makan, minum, belol dan kencing lebih
> > > > > banyak dari seharusnya. Seekor Vincent Liong si Blacky
> > > > > akan menahan diri dengan sikap defensive selama
> > > > > dirinya ditekan dan akan menggigit ketika dirinya
> > > > > berkesempatan lari atau telah lepas dari tekanan
> > > > > karena toh dirinya harus bertahan untuk tetap hidup
> > > > > sampai akhir masa terpojoknya. Seekor Blacky akan
> > > > > lebih sakit hati apabila ditindas tanpa sebab-musebab
> > > > > yang jelas bukan karena sebelumnya dia menindas pihak
> > > > > yang menindasnya.
> > > > >
> > > > > Leonardo Rimba meminta saya untuk menemaninya ke Solo
> > > > > bersama anda saat itu adalah pada kondisi dimana
> > > > > skenario tekanan mental yang sedang dijalankan dengan
> > > > > sangat kuatnya di maillist, dlsb. Skenario untuk
> > > > > memojokkan saya sejak awal dengan memanfaatkan sifat
> > > > > anda yang tentunya lebih percaya kata-kata indah
> > > > > Leonardo Rimba dibanding saya yang memang tidak tidak
> > > > > menjilat anda untuk lebih menyukai atau percaya saya,
> > > > > saya berusaha jadi orang apa adanya. Kata-kata
> > > > > misalnya tentang begitu banyaknya korban kompatiologi
> > > > > yang dibicarakan kepada anda memang tidak memerlukan
> > > > > bukti kongkrit, hanya perlu cara menjelaskan yang
> > > > > tampak sangat menjanjikan dan itu membuat anda menjadi
> > > > > berkacamata kuda hanya bisa melihat sisi buruk saya.
> > > > >
> > > > > Saya tentunya sebagai manusia punya batas ketahanan
> > > > > mental. Untuk terror yang saat itu (sebelum ke Solo)
> > > > > sudah berjalan sekitar dua bulan dengan pengkhianatan
> > > > > Audifax sebagai kado ulangtahun buat saya, lalu
> > > > > kelelahan itu ditambah jebakan yang tidak saya
> > > > > sangka-sangka yang dipersiapkan sahabat saya sendiri
> > > > > Leonardo Rimba untuk mendukung peran yang lain dari
> > > > > skenario yang dijalankan oleh Nurudin Asyhadie di
> > > > > bawah provokasi Audifax. Saya bersyukur saya masih
> > > > > kuat, saya menjalaninya hingga usai pulang dari Solo.
> > > > > Sempat tidak tahan tetapi ya berusaha tahan juga
> > > > > melaluinya hingga saat ini sudah lebih dari setengah
> > > > > tahun. Saya bersyukur bahwa saya masih hidup dan
> > > > > ketahanan mental saya lebih kuat dari sebelumnya.
> > > > >
> > > > > Bicara tentang anjing saya Blacky, saya tinggal
> > > > > bersama anjing saya Blacky setiap hari sejak kecil.
> > > > > Jadi buat saya binatang itu (si blacky) kadang-kadang
> > > > > bisa lebih manusiawi daripada manusia. Keyakinan akan
> > > > > hal ini tentunya tidak dianut oleh orang yang tidak
> > > > > memelihara anjing secara intense tidur sekamar di
> > > > > rumah. Blacky secara teori memang hidup hanya untuk
> > > > > makan dan beol, tetapi buat saja Blacky tahu kapan
> > > > > saya membutuhkan perhatian dan itu di luar urusan
> > > > > kebutuhannya untuk sekedar makan.
> > > > >
> > > > > Bagian I I
> > > > > Vincent Liong answer:
> > > > >
> > > > > Dalam kacamata kuda yang sudah ditanamkan Leonardo
> > > > > Rimba kepada anda, tentang betapa Blacky-nya saya dan
> > > > > betapa saya mendidik orang-orang saya menjadi `Blacky'
> > > > > (makhluk hidup yang mengukur data dengan insting) anda
> > > > > memang selayaknya bingung soal mengapa saya masih
> > > > > sedikit civilize dengan masih berpakaian, menggunakan
> > > > > piama untuk tidur, mandi, dlsb yang dilakukan manusia
> > > > > setiap hari tetapi tidak dilakukan anjing. Ini
> > > > > pertanyaan yang bagus,semoga jawaban saya bisa
> > > > > menjawab keingintahuan anda…
> > > > >
> > > > > Baik manusia maupun Blacky mengalami pengalaman
> > > > > hidupnya dengan pengalaman indrawinya, ini yang
> > > > > disebut insting kebinatangan, yang sangat dianggap
> > > > > rendah dan buruk oleh Leonardo Rimba. Baik manusia
> > > > > atau hewan masuk ke tahap selanjutnya yaitu memetakan
> > > > > posisi-posisi dan rumus sebab-akibat dari pengalaman
> > > > > tsb, ini mengapa baik manusia maupun Blacky bisa
> > > > > dididik untuk be civilize, sampai dimana civilize-nya
> > > > > ya tergantung dari kebutuhan dan aturan yang
> > > > > ditanamkan secara langsung atau secara sadar tidak
> > > > > sadar dipelajarinya. Misalnya si Blacky peliharaan
> > > > > saya suka tidur di ruangan ber-AC, menganggap rendah
> > > > > derajat anjing lain yang dikandangkan di rumah saya,
> > > > > menggaruk-garuk pintu saat ingin dibukakan pintu,
> > > > > buang air di kebun, tidak suka menginjak lantai yang
> > > > > basah, dlsb. Semut pun civilize dalam aturan
> > > > > populasinya sendiri.
> > > > >
> > > > > Yang membuat saya sungguh mengagumi Blacky sebagai
> > > > > anjing yang kadang-kadang bias lebih berusaha civilize
> > > > > dibanding manusia adalah ketika saya mengetahui Blacky
> > > > > mengalami sakit prostat sampai mengalami kelumpuhan
> > > > > setengah badan (kaki depan bias bergerak, tetapi otot
> > > > > tulang punggung sampai kaki belakang mati) gara-gara
> > > > > menahan kencing setiap hari di kamar saya. Dokter
> > > > > hewan hanya menyarankan anjing saya disuntik mati,
> > > > > tetapi satu sikap Blacky yang membuat kami sekeluarga
> > > > > respect padanya; Blacky setiap ingin pipis berusaha
> > > > > sekuat tenaga menggunakan kakidepannya yang belum
> > > > > lumpuh untuk merangkak sampai ke taman berkerikil
> > > > > tempatnya biasa buang air hingga tubuhnya luka-luka,
> > > > > sakit prostat-nya membuat Blacky tidak mampu
> > > > > mengontrol dan merasakan kalau dirinya sudah
> > > > > mengeluarkan air kencing sehingga membuat lantai
> > > > > menjadi kotor, jadi setiap kencing ayah saya
> > > > > mencebokkan pantat dan burungnya Blacky. Hampir lima
> > > > > juta rupiah kami sudah keluarkan untuk mencari cara
> > > > > menolong Blacky, berbagai dokter dicoba satu demi
> > > > > satu, hingga akhirnya Blacky sembuh total dengan
> > > > > bantuan seorang akupunturist khusus hewan, padahal
> > > > > harga seekor Blacky hanya satu juta rupiah. Kalau anda
> > > > > sakit anda masih bisa memaafkan diri anda untuk
> > > > > kencing di tempat tidur, tetapi seekor Blacky tidak
> > > > > memaafkan dirinya untuk hal semacam itu.
> > > > >
> > > > > Secara alamiahnya intuisi adalah proses rekonstruksi
> > > > > akibat lanjutan dari pengalaman ber-insting.
> > > > > Aturan-aturan yang terbentuk dalam pengalaman insting
> > > > > menghasilkan suatu teori, konsep, keyakinan, believe
> > > > > system, dlsb dimana ada suatu titik tujuan kebenaran
> > > > > yang paling mendekati mutlak yang bisa dicapai. Ini
> > > > > bisa berkaitan dengan hal ketuhanan kalau individunya
> > > > > punya teori ketuhanan, atau bisa berkaitan dengan
> > > > > suatu hal empiris, suatu keilmiahan, aturan main,
> > > > > norma, dlsb.
> > > > >
> > > > > Nah, believe system yang saya sering sindir dalam
> > > > > konteks ilmu kompatiologi adalah adalah ketia
> > > > > seseorang memiliki proses intuisi (memiliki teori,
> > > > > konsep, keyakinan, believe system, dlsb) yang tidak
> > > > > berhubungan dengan proses pengalaman instingnya.
> > > > >
> > > > > Mengapa Leonardo Rimba selalu menjelek-jelekkan
> > > > > insting adalah agar kliennnya tidak mau menghargai
> > > > > proses instingnya, langsung bicara intuisi dengan
> > > > > teori, konsep, keyakinan, believe system, dlsb yang
> > > > > bikinan Leonardo Rimba bukan hasil proses pengalaman
> > > > > kontemplasi orang itu sendiri. Kalau seorang manusia
> > > > > memiliki hubungan relasi antara insting ke intuisi
> > > > > yang berkaitan erat maka tidak dibutuhkan lagi guru,
> > > > > pembimbing spiritual juga peramal; orang itu menjadi
> > > > > independent, ini yang dikahwatirkan Leonardo Rimba dan
> > > > > juga ahli-ahli ilmupengetahuan social ilmiah, agama,
> > > > > spiritual dan metafisika yang mengharapkan
> > > > > ketergantungan klien kepada dirinya. Kalau proses
> > > > > intuisi seseorang adalah hasil bikinan orang lain yang
> > > > > tidak memiliki hubungan relasi dengan instingnya, maka
> > > > > akibatnya orang tsb akan selalu membutuhkan saran,
> > > > > nasehat, bimbingan dari si pembuat proses intuisi yang
> > > > > ada pada dirinya.
> > > > >
> > > > > Kepentingan Vincent Liong sebagai pendiri kompatiologi
> > > > > dan Leonardo Rimba sebagai seorang peramal tarot dan
> > > > > ahli mata ketiga terhadap kliennya adalah amat sangat
> > > > > bertolakbelakang:
> > > > >
> > > > > Harapan seorang Vincent Liong terhadap kliennya adalah
> > > > > seseorang meminta bantuannya sekali saja dan
> > > > > diharapkan agar orang tsb tidak sekalipun datang ke
> > > > > Vincent Liong untuk meminta pertolongan yang sama
> > > > > seumur hidupnya. Itu kenapa rohaniwan Titus Budiyanto
> > > > > mendatangi Vincent dari Bangka untuk belajar
> > > > > kompatiologi dan bisa mengajarkannya ke kliennya
> > > > > adalah karena kesedihannya sebagai rohaniawan
> > > > > menghadapi klien yang makin hari makin ketergantungan
> > > > > sehingga lebih mengharga bila bisa memberikan klein
> > > > > tsb independensi yang diharapkan bersifat permanent.
> > > > > Itu alasannya mengapa setelah ikut dekon dan belajar
> > > > > jadi pendekon Titus Budiyanto langsung berangkat ke
> > > > > Batam untuk mendekon sekitar 28 orang dalam kira-kira
> > > > > 5 hari, lalu dilanjutkan dengan berkeliling
> > > > > pulau-ke-pulau di kepulauan Riau yang terpencil dan
> > > > > sulit ada sarana komunikasi, satu kali memimpin umat
> > > > > menjalankan ritual kerohaniannya dan sekali melakukan
> > > > > dekon kompatiologi setiap hari.
> > > > >
> > > > > Harapan seorang Leonardo Rimba terhadap kliennya
> > > > > adalah seorang memintanya secara rutin (berkelanjutan)
> > > > > untuk diramal menggunakan kartu tarot, mengikuti
> > > > > program konseling dan ilmu mata ketiganya.
> > > > >
> > > > > Tentang "Democratic People Republic of Korea" (Korea
> > > > > Utara), Vincent Liong memang bangga sebagai orang
> > > > > Indonesia yang bisa melakukan observasi selama satu
> > > > > tahun lebih terhadap anak-anak aparat kedutaan Korea
> > > > > Utara adalah kesempaan yang langka dan bisa digunakan
> > > > > untuk mempelajari banyak hal dari kacamata
> > > > > sudutpandang yang berbeda-beda.
> > > > >
> > > > > Vincent Liong harus terus menelepon ke Jakarta saat
> > > > > itu adalah untuk memantau secara terus menerus
> > > > > perkembangan teror yang sedang dijalankan ke segenap
> > > > > praktisi kompatiologi, meskipun tekanan bagi Vincent
> > > > > Liong sendiri tetap dialami sepanjang hari melalui
> > > > > provokasi Leonardo Rimba. Apa boleh buat Vincent Liong
> > > > > sebagai pendiri kompatiologi harus bertanggungjawab
> > > > > dalam kondisi apapun juga terhadap keselamatan para
> > > > > praktisi kompatiologi di Jakarta di masa teror yang
> > > > > begitu intens dan berkelanjutan. Hal ini tidak ada
> > > > > hubungannya dengan pengalaman Vincent Liong mengamati
> > > > > secara partisipasi anak-anak aparat kedutaan Korea
> > > > > Utara.
> > > > >
> > > > > Bagian I I I
> > > > > Vincent Liong answer:
> > > > >
> > > > > Peneliti Kompatiologi sudah meneliti menggunakan bau,
> > > > > masalahnya bau mudah melekat di hidung sehingga sulit
> > > > > digunakan sebagai alat sampler yang berdurasi cepat.
> > > > > Menggunakan pengelihatan dan pendengaran juga pernah
> > > > > kami coba, masalahnya orang sudah terlalu
> > > > > berpengalaman berkomunikasi dengan pengelihatan dan
> > > > > pendengaran sehingga tidak bisa dilakukan sampling
> > > > > yang bebas dari intepretasi berdasarkan pengalaman
> > > > > verbal.
> > > > >
> > > > > Ttd,
> > > > > Vincent Liong
> > > > > Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2007
> > > > >
> > > >
> > > > --- End forwarded message
> > > >
> > >
> >
>


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Green Groups

on Yahoo! Groups

share your passion

for the planet.

Y! Messenger

Quick file sharing

Send up to 1GB of

files in an IM.

Curves on Yahoo!

A group for women

to share & discuss

food & weight loss.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: