Kamis, 29 November 2007

[beasiswa] Re:[OOT - curhat] Ujian Negara SMU

Saya juga sekarang kelas 3 SMU.

Adik Anda masih beruntung karena masih bisa les seminggu 3x. saya setiap
sore masih suka main basket, main band min. seminggu 2x, ngoprek komputer
dll. Ditambah lagi saya masih bingung soal masa depan saya mau ngambil apa.
Adik anda sudah punya tujuan/cita-cita dan itu bagus. Saya sendiri selalu
berusaha mengumpulkan motivasi untuk bisa belajar di sela-sela kesibukan dan
hobi.

Mungkin yg dialami oleh adik Anda ada miripnya dengan saya, yaitu kekurangan
motivasi. Menyuruhnya belajar lebih keras bisa jadi malah bikin dia tambah
stress. jauh lebih baik kalau dia diajak belajar bareng. Mungkin anda tidak
bisa melakukan itu karena tinggal di kota lain dan sudah sangat sibuk dengan
urusan sendiri. Orang tua juga mungkin tidak bisa terlalu membantu, kecuali
kalau mereka masih ingat pelajaran SMA dan akrab dengan anak. Tapi yg paling
baik anda bisa minta tolong sama temen2nya, atau pacarnya kalau ada (pacar
biasanya lebih ampuh). Beri pengertian tentang kondisi mereka dan adik anda
yg sekarang sedang menghadapi ujian dan perlu lebih banyak belajar. Minta
tolong mereka untuk membuat kelompok belajar dan mengajak adik anda untuk
belajar bersama. Yang penting, pastikan dalam kelompok belajar ada anak yang
pintar dan/atau sangat disiplin biar bisa mengingatkan yg lain saat
konsentrasi berkurang dan semangat menurun.

Mengenai buku latihan tes b. inggris untuk ujian, menurut saya rata2 sudah
bagus. Pilih saja penerbit yg sudah terkenal menerbitkan buku2 pelajaran
berkualitas. tapi lebih jauh lagi, bahasa bukan hal yg bisa dipelajari dari
buku. praktek komunikasi langsung sangat dibutuhkan, lagipula dengan cara
itu adik anda akan lebih menyukai bahasa inggris (karena merasakan langsung
guna, manfaat dan keasyikannya) sehingga semangat belajarnya lebih tinggi.

Kesimpulannya, semua kembali ke diri masing2.

Insya Allah saya doakan adik anda. dan doakan saya juga ya, yg akan
menghadapi ujian bareng adik anda ^_^

Posted by: "iva mahadri"
<mailto:iva_mahadri@yahoo.com?Subject=%20Re%3A%5BOOT%20-%20curhat%5D%20Ujian
%20Negara%20SMU> iva_mahadri@yahoo.com

Wed Nov 28, 2007 1:38 am (PST)

Salam,

Saat ini adik saya sedang duduk di kelas 3 SMU dan sebentar lagi akan
menghadapi ujian negara. Orang tua saya sering kesal karena beliau tidak
pernah melihatnya belajar. Pulang sekolah jam 4 sore, dia istirahat
sebentar, main komputer, mendengarkan musik. Selepas maghrib kalau tidak
main ke rumah teman, dia nonton TV, atau les di lembaga pendidikan seminggu
3x. Meski demikian, orang tua saya sering menganggapnya masih kurang banyak
belajar.

Sebagai kakak, saya cukup memahami kondisi adik saya (juga orang tua saya).
Karena saya tinggal di kota yang berbeda, saya sering mengingatkannya untuk
belajar via telepon/sms. Suatu hari, ketika saya pulang ke rumah ortu, adik
saya banyak curhat tentang kejenuhannya belajar. Selain itu ia merasa stres
karena tahun depan akan bertambah mata pelajaran yang diujikan. Sementara
itu, dia merasa masih harus mengejar bahan pelajaran yang harus ia pelajari.
Ketambahan lagi, dia (sepertinya) salah masuk jurusan. Ketika di kelas 2,
dari hasil tes dia dinyatakan cocok masuk IPS. Sementara itu, selepas SMA ia
ingin melanjutkan ke jurusan arsitektur/ desain komunikasi visual/ desain
interior. Sehingga dia sering merasa enggan belajar, terutama mata pelajaran
Ekonomi yang dirasanya terlalu sulit.

Terus terang saya kasihan kepadanya karena dia merasa bebannya terlalu
berat. Saya sudah berusaha membangkitkan semangatnya dan lumayan-lah
sepertinya dia cukup termotivasi dengan cerita2 saya tentang rekan2 di milis
& saya sendiri yang bisa mendapatkan beasiswa.

Satu lagi mata pelajaran yang dirasa sulit bagi dia adalah bahasa inggris.
Saya sudah membelikan beberapa buku latihan tes bahasa Inggris dan beberapa
mata pelajaran lain. Oya, adakah rekan2 yang tahu buku2 latihan tes bahasa
inggris untuk anak SMU (ujian negara) yang cukup baik?

Terima kasih untuk tempat curhatnya. Mohon doa untuk adik saya semoga dia
bisa menghadapi ujiannya kelak. Amin.

[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: