Rabu, 07 November 2007

Re: [beasiswa] [Butuh Info] Prediction TOEFL dan Institutional TOEFL

Hi EO,
Sekedar nambah2 info yang dikasih sebelumnya, wewenang penyelengaraan Institutional dan Internasional TOEFL di Indonesia dipegang oleh IIEF. Jadi, pengiriman soal dan koreksi jawabannya dilakukan IIEF, bukan lembaga tempat anda melaksanakan test. Makanya butuh waktu lebih lama dari prediction test biasa. Untuk memilih apakah mau ITP atau TOEFL-like, tergantung kebutuhan anda. Seperti kata mbak Sri, kalau untuk melamar S2 di perguruan tinggi di Indonesia, biasanya yang diminta adalah TOEFL prediction / like dari universitas setempat (misalnya, untuk melamar di UGM, harus pakai TOEFL dari PPB UGM). Tapi, kalau anda ingin melamar beasiswa di luar negeri, yang diminta pasti ITP atau International TOEFL.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan kalau ITP lebih sulit dari TOEFL-like, tapi menurut saya sama saja. Depends on luck, soal yang anda dapat termasuk yang anda kuasai atau tidak.

Good luck for the test,

Mery

divasasri bodhi <divasasri@yahoo.com> wrote:
Hai EO Dream Catcher,
Setahu saya:
1. Beda Prediction dan Institutional TOEFL, kayaknya pada reliabilitasnya yah. Institutional TOEFL diselenggarakan dengan persetujuan pusat TOEFL di New Jersey, jadi lebih bisa dipercaya daripada yang Prediction.
Biarpun begitu, semua berpulang kepada institusi yang minta TOEFL. Di almamater saya dulu, salah satu persyaratan lulus dari program Pascasarjana adalah menyerahkan nilai Prediction TOEFL yang dikeluarkan oleh lembaga bahasa milik almamater saya sendiri. Karena ga mau repot ujian dua kali, saya ajukan nilai International TOEFL saya kepada lembaga bahasa yang bersangkutan untuk disahkan, eh, ditolak, padahal nilai saya melebihi minimal requirement. (Bukannya nilai International TOEFL yang diselenggarakan New Jersey itu lebih reliable daripada nilai TOEFL yang lain yah?). Setelah pdkt sana pdkt sini, akhirnya nilai International itu bisa diakui juga dan disahkan tanpa ikut test lagi.
2. Keisengan, saya sempat ikut Institutional TOEFL beberapa kali di Ubaya. Kalo EO mau test di Surabaya, coba dicek ke International Village Universitas Surabaya, kalo ga salah ke bagian Netherland Education Centre (hubungi Helen?). Seingat saya, biayanya sekita 25 USD.
3. Beberapa teman saya pernah ikut Prediction TOEFL di Unair (Fakultas Sastra?), hasil bisa ditunggu kurang lebih dalam 1 jam. Dua tahun yang lalu biayanya sekitar 60 ribu. Diselenggarakan kurang lebih sebulan sekali.
4. Kalo lembaga ybs. minta prediction TOEFL, menurut hemat saya, mending pake yang predict aja, biaya lebih murah dan hasil lebih cepat didapat. Untuk mendapat nilai Institutional TOEFL perlu waktu lebih panjang, kalo ga salah 2 minggu sebelum test mesti sudah daftar, dan hasilnya baru keluar 10 hari - 2 minggu setelah test.
Semoga bisa membantu.

Rgrds,
Sri

extra ordinary <dre4m_c4tcher@hotmail.com> wrote:
Halo rekan2,

Saya mau tanya nih, apa Prediction TOEFL dan Institutional TOEFL ada perbedaan fungsi/kegunaan? Kalau mau mengambil tesnya untuk Prediction TOEFL dimana ya di daerah Surabaya/Malang? Trus yang terakhir, kalau syarat pendaftaran boleh menggunakan Prediction TOEFL, apa perlu mengambil yang Institutional yah? Mohon saran dan masukannya.

Terimakasih.


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: