Minggu, 02 Maret 2008

[psikologi_transformatif] Re: Berhentilah Berfikir

Pak Syafii, nasihat bapak Anda itu saya setuju...

Tapi dalam arti yg saya fahami itu begini: Nggak ada orang yg bisa brenti berfikir... Lho?

Simplenya ajah... Kalau saya melihat/mangalami sebuah persoalan yg tidak bisa diselesaikan, maka saya akan buat persoalan lain.

Katakanlah persoalan A tidak mampu saya selesaikan (pada waktu tertentu) , saya ciptakan masalah lain (persoalan B). Selanjutnya persoalan B inilah yg saya fikirkan, sehingga pada frame waktu memikirkan persoalan B, jadinya berhenti berfikir pada persoalan A, itu... Disitu, saya tidak memikirkan persoalan A untuk beberapa waktu lamanya... Let it flow...

Bukan berarti lari dari persoalan A... Karena, ada masalah-masalah yg hanya bisa terselesaikan oleh waktu, dan pada waktu tertentu tidak bisa diselesaikan oleh apapun/siapapun... Jadi sekalipun saya tidak lagi memikirkan persoalan A (dan telah ada jarak)... ´Jarak´ inilah saya tetap gunakan untuk memantau sumber masalah pada persoalan A,  apakah waktu telah berfihak pada saya atau belum... Kalau belum, dan masalah B telah bisa diselesaikan...Well, ciptakan lagi masalah C... Hahahaha....

Be Fun

TuHanTu

http://hole-spirit.blogspot.com

 


--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "agussyafii" <agussyafii@...> wrote:
>
> Berhentilah Berfikir
>
> Setiap kali ada kawan yang datang pada saya dengan segudang cerita
> masalahnya berharap masalahnya selesai dengan mndengarkan nasehat
> atau petuah saya. Padahal saya sendiri jika ada masaalah belum tentu
> saya bisa menyelesaikan masalah saya sendiri. Lantas kenapa saya
> mesti memberi nasehat pada orang lain. Begitulah pertanyaan kritis
> saya terhadap diri sendiri.
>
> Pada satu kesempatan saya pusing dengan masalah saya yang tak
> kunjung selesai bertanya pada bapak. Bapak saya
> menyarankan, "Berhentilah berfikir." Saya terhenyak mendengar
> jawabannya. Wah gawat nih saya kalo disuruh berhenti berfikir. Kata
> saya dalam hati.
>
> Sejak itu saya berusaha mencari makna, apa maksudnya berhenti
> berfikir. Sampai kemudian datang kawan yang biasa datang dengan
> segudang masalah itu. Selesai bercerita dia bertanya apa solusinya.
> Saya katakan, "apa menurutmu makna berhentilah berfikir?" Seminggu
> kemudian kawan itu datang lagi, dia tidak bercerita. Hanya
> mengatakan, hari ini saya sudah berhenti berfikir loh."
>
> Apa ya maksudnya berhentilah berfikir?
>
> Wassalam,
> Agussyafii
> http://agussyafii.blogspot.com
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Home Improvement

on Yahoo! Groups

Find tips & tricks

for doing it yourself.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: