Jumat, 09 November 2007

Balasan: [psikologi_transformatif] Mengapa Resisten?

mas Budi ...
 
dengan kata lain subjek disini, bisa menjadi objek juga ya ...
 
salam manis
/Lu2
 


Budi Setiawan <bukik_psi@yahoo.com> wrote:

Mengapa Resisten?

Pendekatan Sosial Konstruksionis mengkritik pendekatan mainstream yang seringkali digunakan dalam memahami perubahan organsisasi. Pendekatan mainstream berpijak pada pandangan bahwa adanya realitas tunggal dan homogen yang ada diluar individu (Ford, 1999, Ford dkk, 2001). Seluruh anggota organisasi berbagi realitas tunggal yang menjadi konteks tindakan dan perubahan yang dilakukan para anggota tersebut. Akibatnya, literatur perubahan dan pengembangan organisasi dipenuhi dengan riset tertuju pada perbedaan individual yang mempengaruhi pengalaman dan respon terhadap perubahan organisasi yang tunggal dan homogen.

Pandangan mainstream memisahkan secara tegas antara subyek-obyek, organisasi-individu dan organisasi-lingkungan eksternal. Ada beberapa implikasi dari pandangan ini. Pertama, adanya subyek yang berperan sebagai agen yang berperan aktif dan obyek yang menjadi agen pasif yang dikenai tindakan. Kedua, pandangan ini menjelaskan tindakan, hubungan dan hasil perubahan dengan mengacu pada karakter entitas subyek atau obyek. Ketiga, subyek diasumsikan yang menciptakan realitas sosial. Subyek adalah pihak yang mengetahui dan mempengaruhi "yang lain" sebagai obyek yang dapat diketahui dan dibentuk (Hosking, D.M., 2004).

Perubahan organisasi selalu dipahami sebagai tuntutan dari lingkungan eksternal, –baik masyarakat, pemilik modal, maupun pemerintah– terhadap organisasi. Suatu organisasi diciptakan dan dimiliki oleh orang-orang di luar sistemnya. Struktur dan tujuannya dirancang oleh manajemen atau pakar di luarnya dan dikerjakan oleh organisasi (Capra F., 2004).



Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers


Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

Quick file sharing

Send up to 1GB of

files in an IM.

Health & Fitness

on Yahoo! Groups

Useful info for the

health conscious.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: