Minggu, 28 Oktober 2007

[psikologi_transformatif] Becoming myself

ORANG2 FENGSHUI ITU MULUTNYA KAYAK EMBER BOCOR

I = Indri
L = Leo

I = Sianggg !

L = Siang mbak, yagi ngapain neh ?

I = Lagi download2, hehehehehehhe, tp lelettt
bangetttt, hiksssss, lg senggang ga mass???

L = Hmmm hmmm hmmm,... air mengalir sampai jauh...
akhirnya ke.... wherever. Sambil nyanyi ajah,
Bengawan Solo.... Emmm... ya lagi nganggur neh, dari
semalam gak ada yang ngapelin, why ?

I = Heheheheheheheh, wah, kalo tau kuapelin dehhhh,
heheheh... Mo tanya yg kemaren soal elemen, elemenku
yg logam bener ga yaahhh??? Kalo yg air kan lebih ke
penyembuhan psikis, kalo yg api yg fisik, nah kalo yg
logam gimana??? bisa seperti orang2 elemen air atau
api jg ga yaa??? Tp emang beneran ada yg namanya
elemen logam yahhh??? bukan cm 4 unsur air, api, udara
ama tanah???

L = Elemen Logam adanya di Filsafat Cina. Aku gak
terlalu mendalami pengertian di Cina itu, walaupun aku
tahu bahwa mereka memiliki 5 elemen juga. Aku juga
mengikuti pengertianh 5 elemen itu,... tapi bentuknya
Sadulur Papat Lima Pancer. Total ada 5 juga. Udara,
Tanah, Air, Api, dan Roh (Pancer)... Kalo di Cina ada
Udara, Tanah, Air, Api, dan Logam,... is that so ?

I = Ohh, kalo ga salah, hehehe... ada jg yg bilang
kayu??? kayu=tanah.... Yg sadulur papat lima pancer
itu aku masuk elemen apa donk mas????

L = Kan katanya Air... Air mengalir sampai jauhhh...
akhirnya ke laut. Kalo udah di laut kan enak, bica
maen cama ciapa aja. Gak bedain oyang yagi. Pokoknya
kayo cuka boyeh2 aja. Hmmm hmmm hmmm...

I = Ooooo... hehehehheh... Tul... betulllll... laut
emang asikkk... Kemaren di Gramedia iseng2 ngintip
buku soal ramalan feng shui thn 2008, katanya sih
untuk tahun itu buat shio-ku agak kurang bagus,
ehheheheheeh

L = Gak usah ikutin fengshui. Aku PALING NEK kalo baca
fengshui. Orang2 fengshui paling ngeselin. Paling
kurang ajar, ngeramalin seenaknya aja. Bilang yang itu
bagus yang ini jelek, etc...

I = Heheheh iya, begitu baca, trus langsung males kok,
apaan sih tuhhh. Gitu, trus ditinggalin deh tuh buku.

L = Kalo aku kan liat2 dulu orangnya. Kalo orangnya
aku suka, biarpun jelek aku akan bilang PASTI BAGUS.
Dan,... in the end EMANG JADINYA BAGUS. So, kata2 yang
keluar dari mulut kita itu memiliki POWER. Kata2 yang
aku tuliskan memiliki power. So, aku ini VERY CAREFUL
dengan kata2.

I = Iya iya, emang kata2 itu bisa mempengaruhi orang.
Bs gampang 'jatuh' gara2 kata2, jd sekarang cuekin
aja, heheheheh... cari yg bagus2 aja.

L = Nah, orang2 fengshui itu mulutnya kayak ember
bocor. Benci banget, mustinya di lakban aja yah,... di
lem biru aja kali. Abis dilempar beli baru. Dan yang
baru itu bukannya buku fengshui melainkan buku tulis
KOSONG biasa. Buat ditulisin what we really want. Dan
itu yang akan terjadi. BUKAN yang dibilang oleh orang2
fengshui itu. Yes, we make our future. Masa depan itu
buatan kita sendiri. Kita maunya yang mana. Kalo mau
yang bagus, ya jadilah bagus. Kalo mau yang jelek, ya
jadilah jelek.

I = Heheheh... setujuuuuuuuuu!!!!!!!!!!

L = Orang fengshui itu kelewatan sekali. Kalo ketemu
aku dan cuap2 gak keruan, nanti ta' gamparin aja. Biar
bisa belajar sedikit bahwa WE CREATE OUR FUTURE.

I = Hehehehehe, bagus jg tuhhh, hihihih

L = Tapi kalo orang fengshui nya CAKEP, aku gak janji.
Musti liat2 dulu maonya apa. Kalo maonya ok2 en aku
suka, gamparinnya BELAKANGAN AJA. Hmmm hmmm hmmm...

I = Hahahahahhahah dasssaaaaaarrrrrrrrrrrrrrr..., tp
emang iya jg sihhhh... hehehehehheheheh.

L = Lha iya, kesempatan memang BANYAK di Jakarta,
tetapi kan modelnya beda2. Dan taste aku kan termasuk
unique. Jadi kalo PAS DAPET gak boleh dilewatin. Hmmm
hmmm hmmm...

I = Hahahahahahhaahhah... Oya, mas, aku kadang mikir
apa jalan yg kuambil skrg udah bener ato belum...

L = Bener aja,... kalo gak bener pasti udah kesasar
which is NOT TRUE. You are not kesasar, masih bisa
pulang ke rumah. Berarti jalannya UDAH BENER. Hmmm
hmmm hmmm...

I = Iya sih, aku pikir jalan yg sekarang udah kuambil
pasti ada gunanya untuk ke depan, banyak yg bisa
kuambil buat pelajaran... --BTW, emang taste-nya Mas
Leo yg kayak apa?????? Ehehheheheh...

L = Well, yang anggun kayak Kanjeng Ratu Kidul.. hu hu
hu,,,, seyeeeemmmm... Dan yang keibuan kayak Bunda
Maria... "Sayam Mayia penuh yahmat Tuhan seytamu, blah
blah blah, blah blah blah,,, amiiiiinnn..."

I = Heheheheh, apa nggak takut??? ntar beneran
ditaksir Ratu Kidul gmn??? Hmmmmm susah tuh nyarinya
hehehehhe...

L = Ya,... jalannya udah bener. You are OK. Kita semua
belajar. Kalo gak dijalanin kan nanti nyesel. Dan kalo
gak dijalanin gimana mao ngertinya. Kita ini kan bukan
TEXT BOOK THINKING. Kita ini ngomong berdasarkan
experience. Pokoke udah pernah. Gak usah tanya dimana,
pokoknya UDAH PERNAH. Gitu critanya,. hmmm hmmm
hmmm...

I = Aku cm pengen ambil jalan yg lebih sesuai n tepat
buatku, soalnya di tempat yg sekarang nggak bener2
sreg, bukan tempat yg kuminatin. Pengen ambil yg
sesuai ama minatku supaya kalo kerja jg bisa bener2
full, nggak setengah2 kayak gini. Cuma masih belum tau
jalan mana dan kapan utk kesana...

L = Well, ngomong aja sama semua orang, termasuk sama
orang2 di tempat bekerja yang sekarang. You have to
talk it out. Ngomong aja. Nanti akan ada yang
nunjukkin. Asal gak takut2 ngomong, jalannya pasti
terbuka. Bentar lagi kayaknya.

I = Hmmm, kalo sama org2 di tempat kerja sekarang rada
susah, beda cara mikir, beda dunia; seperti komik di
antara kamus (istilah dari temanku). Dulu waktu masuk
pertama sempat ditanya sih, kok ga masuk kreatif aja,
heheheheh... tp aku masih belum punya kemampuan
disitu, mau coba kursus2 lg biar lebih pinter.

L = Well, kalo gitu ngomong aja sama orang2 yang ada
di luar lingkungan itu. Ngomong aja tiap kalo ketemu
relasi. Snowballing... word of mouth, networking.
Those are the keywords you might want to apply
yourself. Ngomong aja terus... blah blah blah
blah blah blah... sooner or later akan ada yang
bilang: please take this way,... we have this kind of
position which you might want to consider, blah blah
blah, blah blah blah. It always works that way.

I = Ooo, ga pernah kepikir utk itu sihhh...

L = So, today is the TIME to consider doing it. Hmmm
hmmm hmmm...

I = Hmmm, that's right, cuma bingung aja mulainya dr
mana...

L = Mulainya dari orang pertama that you'll meet after
this. The first person that you meet after talking
with me di YM ini. Itu aja. Hmmm hmmm
hmmm... Ngomong aja sama dia, BY THE WAY, blah blah
blah, BLAH BLAH BLAH.

I = Heheheh, ok...

L = Terus akan ketemu orang kedua, repeat the same
procedure, BLAH BLAH BLAH blah blah blah. Gitu aja kok
susah ? Hmmm hmmm hmmm...

I = Hahahahahah, gitu yaa, bener jg sihhh, hehehehhe.
Mungkin dr sana aku bakal bener2 tau jalan yg mesti
diambil yahh, soalnya terlalu banyaaaaaakkkkkkkkkk yg
pengen kulakuin, heheheheh...

L = Sure, so have a nice Sunday, enjoy yourself... and
dream about me also (kalo mao, kalo gak mao juga gak
apa2). Hmmm hmmm hmmm... Talk with you later yah, take
care, bay bay !!

I = Heheheheh... ok... well, I wouldn't mind if I can
really dream about you. Thx alooootttttttt

+++++++++++++

BECOMING MYSELF

D = Daisy
L = Leo

D = Hi Rimba, I read today's posting and I thank you.
I woke up this morning with a question, always have
questions all my life, these days I question you in my
mind, probably not always one-way communication (!)
and I should take that as not unexpected!

I have very often reminded myself of that too (renew
your mind, and you are transformed). And it is through
that I find psychological freedom (to some extent
though, but still, free from what bothers most people
around me). If 'be yourself' is what I should hang on
to, I need to ask which self. Masked self, ego self,
emotional self, mental selves, all of these mixed
together? Problem is, it pains me if others are hurt
because of me. And it pains me if I am misunderstood
(many times). I can't be myself, because I am still
establishing what is that self, and also, when I say
and do what seems 'natural' to me, I find that I need
to explain, back and back, to explain the basics (or
so it seems to me), that in the end I gave up, and
decided it is best not to say anything. The times when
I am introvert (quite many times), not infrequently,
something wells up and I luber (I looked up the
meaning of that word in the dictionary-it means
overflow, so I overflow and tears came down, not your
kind of overflow tau).

L = Well, Dear Daisy, semuanya mengalami itu. Aku juga
mengalami apa yang anda alami. Aku harus memilih mau
menampilkan diriku yang mana. Diriku sebagai orang
spiritual, diriku sebagai orang Katolik sesat (ehem),
diriku sebagai a male realizing that he is attracted
to both sexes (possibly, ehem juga), a political
scientist, a business graduate from the US, someone
who never has it with the opposite sex. Someone who
believes in the UNIVERSALISM of all religions. Mau
diri apa yang akan ditampilkan itu memang tidak mudah
untuk memilihnya. Makanya aku lebih banyak membiarkan
segalanya untuk berjalan apa adanya. Tanpa rekayasa,
tanpa tricks, tanpa berusaha untuk menjadi orang
lain,... tanpa berusaha untuk menjelaskan kepada
orang2 itu tentang siapa diri saya yang "sebenarnya".

Who am I ? That's the BASIC QUESTION kan ? Saya ini
siapa ? Saya adalah saya, kata JHVH (Jehovah), the
Lord God Almighty yang dijumpai oleh Nabi MUSA AS di
gurun Sinai. Aku adalah aku. Eheieh asher eheieh...
that's how it should be pronounced in Hebrew. Nah,
kalo Allah saja bilang "aku adalah aku", bukankah kita
sebagai insan juga patut mencontohnya. So, from now
on, kalau ada yang bertanya siapakah anda, jawablah
dengan polite dan manis, aku adalah aku, so what ?

Hmmm hmmm hmmm... that's only a suggestion. Me, I
myself never confront people with such a point blank
answer. Kalau ada yang bertanya siapakah saya, saya
akan lihat orangnya dulu, dan saya akan tanya WHO ARE
YOU ? Kalau itu cuma curiosity seperti yang sering
ditunjukkan oleh orang2 dari berbagai etnik Asia
seperti kita ini, bilang saja apa adanya. I am a
housewife, blah blah blah... I am an Indonesian, I am
a Malaysian, I am a girl, I am a boy, I am a bi, I am
a gay, I am straight, I am someone's wife, someone's
husband, a son, a daughter, whoever... so what ? Kalau
yang bertanya lalu menjadi confused, ya tinggalkanlah;
memangnya kita wajib menjawab pertanyaan tentang siapa
diri kita yang diajukan oleh setiap orang ? Tidak
kan,... so questions like that bisa dijawab dengan
seenaknya pula. I am Leo, who are you ? Hmmm hmmm hmmm

Tetapi, MENJADI DIRI SENDIRI yang hakiki, yang
ESSENTIAL, memang memerlukan waktu. Memerlukan
KONTEMPLASI, memerlukan KONFRONTASI JUJUR dengan DIRI
KITA YANG TERDALAM. Siapa kita ini ? Apakah kita
naluri2 kita ? (dorongan seksual dan kebutuhan2 fisik
seperti makan, minum, tidur, etc). Hm, tentu saja
BUKAN. Kita memang manusia fisik, tapi kita TIDAK bisa
dibilang sebagai fisik thok. Memang ada manusia yang
NALURIAH SEPERTI HEWAN, dan kelakuannya ditentukan
oleh kebutuhan2nya, tetapi kita sudah melewati tahap
itu dan, walaupun kita enjoy memperoleh pemuasan
naluri dari waktu ke waktu, kita tahu bahwa kita BUKAN
manusia naluriah. Naluri hanyalah bagian dari kita as
long as we live as humans on earth, but we are more
than that. Definitely MORE.

D = Maybe what I can share is that, renewing the mind
for me is by being in another culture for a short
while. I change a little everytime I see what's
abroad, and am grateful to be able to live in another
culture and to have friends in different parts of the
world (and also fortunate not to have to deal with all
those tekanan2). And so, I am becoming myself, yes I
have rejected many things and adopted equally many
things, with some inner uncertainties, there are some
things I am certain of, and so with my trepidations, I
will go bravely..

L = Sure, that's what I also EXPERIENCE. Aku kan juga
begitu,... sedikit demi sedikit berubah. Tadinya masuk
di kelompok fanatik, sekarang jadi orang UNIVERSAL.
Tadinya hanya mau bicara dengan yang intelektual,
sekarang melayani siapa saja. Tadinya snobbish,
sekarang menjadi populist. Hmmm hmmm hmmm... we all
change. And God, being a Good God, delights at seeing
me change. Hmmm hmmm hmmm... Good Boy Good Boy, God
told me so, that I'm a Good Boy, hmmm hmmm hmmm...

D = And on a lighter note: Do you know that solving a
jigsaw puzzle can be very interesting, exciting and
insightful? Kita guna intuisi, reasoning, liat dari
jauh, liat dari dekat, konsen, rileks, konsen lagi,
liat recurring patterns, tones and color, detail yang
paling kecil sekalipun bias jadi soo important, terus
รข€" kita nanti tau kalau sesuatu itu telah ketemu
tempat dia yang sebenarnya, tidak perlu paksa, no need
to push or force it in, it simply falls into place. It
is magic. Dan setiap kali kita temui tempat yang just
right itu, setiap kali kita rasa sungguh bahgia! What
joy jigsaw puzzle!

L = And what a JOY to also realize that you give
exactly the RIGHT ANALOGY. Life is a JIGSAW PUZZLE.
Gak usah bingung, gak usah ngotot and ngoyo,... in the
end semuanya akan terisi penuh. Kita tinggal diam
saja, lihat saja, hmmm hmmm hmmm, in the end semuanya
akan terisi. Terisi dengan penuh. COMPLETED.

+++++++++++++

KALO GAK DINIATIN, SOONER OR LATER YOU'LL SEE JIN

A = Andry
L = Leo

A = Mat siang Mas Leo, apa kabar, Minal aidzin
walfa'idzin !

L = Baik aja, minal aidin juga.

A = Tumben hari libur ol mas, dari t4 kerja?

L = Di rumah aja.

A = Oo, mas koq saya belum merasa ada perubahan
ya ttg mata ke3 ?

L = Berarti you are ON IT since the beginning. Kayak
aku aja, emang gak ada perubahan. Yang bisa merasakan
perubahan itu kan yang BELUM pernah merasakan. Dan,
even perubahan yang dirasakan itu cuma pada AWAL saja.
Setelah itu, segalanya terasa biasa2 saja. Jadi, kayak
syair lagu Pance Pondaag itu: "Mulanya biasa2 saja,..
". Di tengahnya ada terasa cenut2 dikit, en after
that... biasa2 lagi. Tapi kita kan AWARE (ELING)
bahwa kita connected to the Source of All Sources.
Nah, BEING AWARE itu kan IMAN. That's FAITH. Itu yang
pokok, dan bukan sensasi2 yang aneh2 itu. Hmmm hmmm
hmmm...

A = Ooh..... bisa aja Mas Leo nih.

L = Lha, emang begitu. Aku ini kan suka merasa harus
begini, merasa harus begitu. En aku gak mikirin
mengapa kok ada tarikan ke arah ini, dan gak ke arah
sana. Aku ini IKUTIN aja. I just follow the leads.
FOLLOW THE LEADS. Nah, kita follow karena kita
percaya, karena kita ber-IMAN, because we have the
FAITH. Dan karena kita beriman, maka segalanya akan
berjalan apa adanya. Mengalir begitu saja,... sambung
menyambung menjadi satu, itulah yang namanya...
SINKRONISASI. Everything is synchronous with every
other thing else. Jadi, walaupun tiba2 bisa melihat
malaikat muncul di depan mata kita, kita juga akan
biasa2 saja. Paling kita liatin aja, and wonder to
ourselves: "What's up malaikat ? Anything I can do for
you ?" Begitu ceritanya, well... things like that lah.
You know what I mean lah.

A = Oo, tapi kalo kita mo berniat ngeliat jin misalnya
gimana caranya mas, apa bisa?

L = Kalo diniatin buat ngeliat jin, jadinya GAK BISA.
Kalo gak diniatin, sooner or later you'll see Jin.

A = Ooo

L = Kadang2 aku lihat jin, tapi itu dalam keadaan
tidur. Tidur tapi aware bahwa aku sedang tidur dan
jalan2. Pernah aku dalam keadaan tidur jalan2 keliling
rumah aku sendiri. Terus aku melihat ke atas genteng.
Eh, di atas genteng itu ada RAKSASA duduk dengan
santainya. Cuma pakai cawat saja. Guede banget, dan
ketawa2 sama aku yang ngeliatin sambil bengong dari
bawah rumah. I knew it was the JIN yang kerjanya
nungguin rumah aku. Well, something like that lah,..
soale kalo gak gitu apa maksudnya itu makhluk duduk di
atas genteng rumah en ketawa2 di atas sana. Hmmm hmmm
hmmm...

A = Ooooo, iya juga ya. Kalo boleh tau, dulu pertama
kali melihat yg begitu, takut ga Mas Leo ?

L = Gak takut. Cuma kaget aja, bingung kok bisa
ngeliat begituan. Pernah aku lagi tidur sendiri...
terus tiba2 aku merasa ada tiga orang teman yang aku
kenal baik ngobrol2 di dalam kamar bersama aku dan
minta diambilin air minum. Aku langsung aja bangun,
keluar kamar menuju lemari es untuk ambil air. Tapi,
sampai di lemari es dan pegang botol air, tiba2 aku
ingat bahwa tadi rasanya sendiri. Kan tadi lagi
tidur, en di kamar itu kan gak ada orang. Tapi kok
begitu jelas aku merasa bersama teman2 yang lagi
asik ngobrol dan minta diambilin air minum. So,...
untuk meyakinkan diri akhirnya aku balik ke kamar.
Aku ngintip dari depan pintu kamar tidur aku sendiri.
Pelan2 aja aku ngelirik ke dalam. Eh ternyata BENAR.
Kamarnya kosong. Soooo??? Jadi itu yang tadi siapa???
Well,... I knew instantly mereka itu jin.

A = Ooo

L = Terus ? Ya, terus aku taruh airnya ke lemari es en
balik TIDUR LAGI. Aku langsung tidur lagi. Ngapain
takut ? Wong mereka itu makhluk2 halus yang ada di
sekitar kita. Dan mereka itu very friendly. Kenapa
musti takut ? Hmmm hmmm hmmm...

A = Gitu ya. Bagaimana dgn yg kesurupan gitu mas ?

L = Kesurupan itu bisa oleh kepribadian lain, dan bisa
juga oleh roh orang yang kesurupan itu sendiri; jadi
seperti orang yang kepribadiannya terpecah. Dalam
keadaan tertentu, bisa kepribadian yang lain itu
masuk, tapi benernya dari roh orang yang sama. Itu
pengertian aku, why ?

A = Bukannya itu gangguan jin yang masuk ke tubuh
seseorang to mas ? Katanya orang yg pernah kesurupan,
akan lebih mudah untuk kesurupan lagi.

L = Ya, ada yang memiliki kecenderungan itu (mudah
kesurupan). Tapi kalau dibilang itu "jin" yang masuk,
I really doubt it. Sangat meragukan.

A = Oo

L = Well,.. more or less so, you'll understand ALL
later. You'll know much much more than you do now.
You'll experience all, and you'll share your
EXPERIENCES with many in the future... --I have to
sign out now, talk with you later yah, take care, have
a nice Sunday, ... bay bay !!

A = Ok, bye mas !

+++++++++++++

[Leo adalah seorang praktisi PSIKOLOGI TRANSPERSONAL.
Untuk membuat appointment, please call / sms him at
HP: 0818-183-615. Untuk bergabung dengan milis
SPIRITUAL-INDONESIA, please click this link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia>.
Note: Except my own name, all other names used in the
conversations are pseudonyms.]

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Dog Groups

on Yahoo! Groups

discuss everything

related to dogs.

Yahoo! Groups

Endurance Zone

A Yahoo! Group

for better endurance.

Wellness Spot

on Yahoo! Groups

A resource for living

the Curves lifestyle.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: