Minggu, 28 Oktober 2007

[psikologi_transformatif] Re: Bagaimana nasehat Anda kepada rekan ini?

Dari: yoko santoso <marginalized_masta_mind@yahoo.co.id>

menurut saya:
1.Baik tidak baik(positif/negatif) itu sudah merupakan penilaian, dan ia tak lain adalah thought/buah pikir. Dalam praktek, kita justru menghindari tertipu oleh pikiran - jadi melampaui baik-tidak baik(barangkali ini yg membedakan praktek Buddhisme dgn agama mainstream). Dalam praktek, thought apapun kita biarkan - tidak kita pungut, tapi tidak pula kita represi(jadi jangan marah pada pikiran2 'negatif')

2.Tujuan meditasi(meditasi secara umum) bukan keindahan, bukan mengalami keajaiban macem2, dan bahkan bukan untuk ketenangan. Tujuan meditasi itu utk 'get acquainted' dengan pikiran(dan dengan diri sendiri, tapi since 'diri' itu tak ada maka yg ada hanya gejala2 pikiran). Keindahan,dll itu datang sebagai efek kolateral. Bila kita melekat pada keajaiban2 maka kita jadi orang klenik(tertipu/terpukau oleh fenomena2 supranatural), bila kita melekat pada ketenangan pun ya sama saja - kita jadi fanatik

3.Bila dalam praktek meditatif kita mengalami kebimbangan dan keraguan maka bisa karena 2 hal:
1. Karena kita belum mantap/tuntas dalam tahap intelektual(misal: kalau kita sudah paham scr logis bahwa 'aku' itu tak ada, menurut saya tidak ada istilah 'konflik dengan diri sendiri') - bila ini terjadi, ya menurut saya harus dimantapkan dulu sebelum nanti malah patah/tersesat di tengah jalan. 'tersesat' di sini juga termasuk terpukau ketika mengalami 'state' yang ajaib/tidak wajar - sehingga lalu 'tinggal' di sana.

atau 2.Justru itu adalah insight empirik. Menurut saya wajar ketika dalam meditasi kita menemui banyak pengetahuan yang tak kita temui dalam penalaran rasionil - biasanya adalah pengetahuan berkait dengan mekanisme pikiran. Justru insight2 empirik inilah yang akan memajukan kita karena membuat kita makin akrab dengan pikiran.

4.Kehidupan yang rutin itu justru sangat kondusif bagi praktek

semoga membantu

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Real Food Group

on Yahoo! Groups

What does real food

mean to you?

HDTV Support

The official Samsung

Y! Group for HDTVs

and devices.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: