Selasa, 13 November 2007

[beasiswa] [OOT][mohon info] tentang bahasa Indonesia

///Moderator's Note///
Untuk tanggapan, sanggahan dll silakan dikirim langsung ke penulis dengan mengganti alamat kirim setelah klik "reply"
donny hendrawan <donny_77_2000@yahoo.com>
Terima kasih,
Dhany
===============================

Dear rekan semua,

Mohon maaf jika e-mail yang saya posting tidak
berhubungan langsung dengan beasiswa. Sebenarnya saya
ingin mengirimkan email ini ke milis yang
beranggotakan orang-orang yang membidangi bahasa
Indonesia, namun saya tidak mengetahui dan belum
tergabung dalam milis tersebut. Saya sendiri tidak
memiliki latar belakang pendidikan linguistik. Dengan
mengirim email ini ke milis beasiswa, saya berharap
barangkali ada di antara hampir 40.000 anggota milis
yang bisa membantu memberikan jawaban, khususnya yang
memiliki latar belakang pendidikan bahasa Indonesia.

Saat ini saya sedang menulis bagian diskusi dari paper
saya terkait dengan brain and speech production untuk
bahasa Indonesia. Ada beberapa pertanyaan yang belum
terjawab oleh saya sampai saat ini.

1. Mengapa dalam bahasa Indonesia, kata yang dimulai
dengan huruf F jumlahnya sangat sedikit (6 terendah
dari semua alphabet), padahal orang Indonesia tidak
mengalami kesulitan dalam memproduksi bunyi yang
dimulai dengan huruf F. Beda halnya dengan orang
Jepang yang memang kesulitan untuk menyebutkan huruf L
sehingga mereka pun tidak memiliki kata yang dimulai
dengan suka kata La, Li, Lu, Le, Lo. Apakah ada latar
belakang historis dibalik ini?

2. Mengapa kata yang dimulai dengan huruf F, bahkan
kata apapun yang terdapat huruf F di dalamnya (baik di
awal, di tengah, maupun di akhir), sepengetahuan saya
tidak ada yang asli dari Indonesia, melainkan diserap
dari bahasa asing (Inggris, Arab, dll)?

3. Di kamus besar bahasa Indonesia terbitan balai
pustaka tahun 1989 (hanya kamus ini yang relatif baru
yang ada di perpustakaan univ saya) terdapat lebih
dari 62.000 kata dan ungkapan. Hanya saja, saya tidak
menemukan berapa jumlah kata yang dimulai untuk setiap
huruf alphabetnya (misalnya, kata yang dimulai huruf A
ada berapa, huruf B ada berapa, dst). Adakah dari
anggota milis yang tahu dimana saya bisa memperoleh
informasi mengenai ini?

Besar harapan saya untuk dibantu oleh rekan-rekan
semua. Terima kasih atas perhatiannya.

Sukses buat semua,

Donny Hendrawan


____________________________________________________________________________________
Never miss a thing. Make Yahoo your home page.

http://www.yahoo.com/r/hs


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: