Selasa, 13 November 2007

[psikologi_transformatif] Re-Post: Kejutan dari Adhi Purwono.

Subject: Kejutan dari Adhi Purwono.
From: Adhi <adhi_p@yahoo.com>
DDT: Wed Sep 19, 2007 7:13 pm
e-link:
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/31245

Kejutan dari Adhi Purwono.

Catatan : pm singkatan dari private message, chat antar pribadi pada
program YM (Yahoo Messangger)

Saya ingin meluruskan beberapa hal kepada dan tentang Haute juga
Pabrik_t, Vincent, Tuhantu, para kompatiolog, dan para pembaca atau
pemerhati kasus ini pada umumnya di milis psitrans ini, setelah pm
saya dengannya kemarin dan sekalian saja saya tulis di depan milis
psikologi_transformatif, milis vincentliong dan milis
komunikasi_empati agar kita semua bisa mengetahuinya.

Pertama, saya setuju dengan anda bahwa tidak etis mempostingkan urusan
pribadi orang lain di depan milis. Tapi ada poin yang tidak saya
setujui dari anda. Anda sendiri telah memancing supaya ada orang yang
membicarakan urusan pribadi tersebut ke milis. Itu mah sama-saja
bohong. Tak perlu anda meminta buktinya di milis ini. Karena itu sama
juga mengeksposnya kembali ke depan milis ini dan anda juga tahu kok
postingan anda dulu yang saya maksud.

Kedua, saya janji dengan anda supaya tidak memberitahukannya kepada
vcl mengenai isi pm kita kemarin. Setelah dipikir-pikir lagi, saya
hanya setuju sebagian. Yaitu pada bagian resiko si vcl akan
mempostingkan lagi informasi-informasi urusan pribadi yang terdapat
pada isi pm kita tersebut di depan milis. Namun pada bagian, anda
ingin menyembunyikan maksud anda dihadapan vcl dan dihadapan
kompatiolog lain yang belum tahu inti rencana permainan anda, saya
tidak menyetujuinya sama-sekali.

Ketiga, mempertimbangkan bahwa anda tetap kukuh tidak memberitahukan
identitas anda ke saya sama-sekali. Ini berarti janji yang saya buat
terhadap anda (untuk tidak memberitahukan pada vcl) tetaplah tidak
berimbang. Saya menggunakan nama asli dan membuat janji berdasarkan
integritas saya. Sedangkan anda Haute? Anda menggunakan integritas
Haute? Saya tetap tidak dapat mendasarkan pada integritas identitas
asli anda. Maaf, ini tidak berimbang. Anda bisa kapan saja
mengklarifikasi dan menagih janji pada saya karena saya sudah terbukti
eksis, tetapi tidak ada jaminan saya bisa menagih dan mengklarifikasi
janji pada anda, Haute karena anda bisa saja lenyap beserta id samaran
ini. Dengan demikian saya harus bilang janji yang telah kita buat
cacat secara logika perjanjian. Ini adalah kesalahan saya sampai
terjebak membuat janji dengan id samaran.

Dengan demikian pada tulisan ini saya menyatakan tidak mau terikat
dengan janji seperti itu. Saya hanya memegang etika bermilis saja,
yaitu tidak memposting urusan-urusan pribadi orang lain. Silahkan anda
mengatakan saya cedera janji atau tidak konsisten. Maaf, tapi
integritas saya mengatakan hubungan kita tidak sehat, apalagi sampai
membuat janji-janji segala yang sama-sekali bagi saya tidak baik bagi
Vincent. Bahwa dengan janji itu saya sampai hati mau menuruti hantu
(anda, haute) untuk menyetujui Vincent yang harus tetap TENGGELAM ke
dalam permainan hantu caci-maki (permainan yang tetap saya katakan
kasar dan tidak sopan). Menuruti seseorang yang identitasnya jelas
untuk membiarkan caci-makinya ke sahabat saya sendiri saja sudah
terasa tidak benar, apalagi menuruti hantu (id samaran) untuk dapat
melanjutkan caci-makinya? Wah, enggak saya banget deh! Dan sekaligus
inilah kesalahan/kelemahan sekaligus kekuatan/integritas saya dengan
telah sempat membuat janji dengan anda Haute (ini kelemahan saya) lalu
melanggarnya di tulisan ini (ini kelemahan saya) karena kemudian
menyadari saya telah menoleransi metode caci-maki (integritas saya
disini).

Keempat. Anda memaksa diri anda dan Pabrik_t untuk menjadi pengawas
bagi diri Vincent. Yang otomatis juga mengawasi para kompatiolognya.
Dengan ancaman akan dicaci-maki kalau telah dianggap melakukan black
adds. Nah ancaman caci-maki itulah yang saya lawan. Sudah berkali-kali
saya katakan, jika ingin mengkritik, kritiklah sebebas-bebasnya tanpa
perlu membawa-bawa urusan pribadi dan tanpa perlu mencaci-maki.
Silahkan jika ada yang mau mengkritik si Vincent sendiri yang
membawa-bawa urusan pribadi atau saya bila saya pernah melakukannya.
Monggo, tapi tentu bukan dengan tendensi untuk mengeber-eber urusan
pribadi itu sendiri bukan? Misalnya saja, jika si Vincent atau saya
dianggap tetap dablek, ya anda sekalian cukup tunjukkan dimana letak
dableknya tanpa perlu anda sekalian terjebak juga dalam
gosip-menggosipi urusan pribadi orang lain. Kalau tentang caci-maki
udah jelas. Kritik dengan caci-maki tak akan efektif dalam
menyampaikan pesannya. Kecuali, kalau anda Haute ingin menarik
kecenderungan defensif seseorang ketika dicaci-maki dengan tujuan
mulianya supaya orang itu sadar dengan kecenderungan defensifnya itu.
Kalau bahasa sehari-harinya sih mudah. Ini mah cari ribut! Tidak heran
Haute bersembunyi dalam id samarannya. Mungkin identitas aslinya
sendiri tidak kuat menanggung caranya sendiri dalam mencari keributan.
Kalau Pabrik_t? Kuakui dia memang provokator cari ribut yang hebat.
Tidak malu dia menyatakan nama jelasnya sendiri.

Haute anda berargumen kalau tidak cara begini maka egonya Vincent
bakal terus membumbung tinggi. Lalu kenapa kalau memangnya iya? Tidak
senang ya melihat ego seseorang membumbung tinggi? Sebenarnya apa sih
yang sedang anda lakukan? Kepedulian atas anak bangsa seperti Vincent?
Atau anda hanya gatal saja melihat ada orang yang berpesta ego ria?
Haute, saya selalu mengatakan, biarlah Vincent menghadapi sendiri
kritik dari masyarakat secara WAJAR. Memang ada resiko Vincent akan
menghadapi orang-orang seperti anda (karena anda dan Pabrik_t pun
masyarakat). Justru itulah gunanya teman. Mendiamkan seorang Vincent
menghadapi kritik bagi dirinya jika disampaikan secara wajar. Dan
protes bila kritik yang disampaikan isinya caci-maki melulu apalagi
sampai berminggu-minggu. Itu namanya bukan mengkritik, tapi
mencaci-maki. Jangan sekali-kali kita kebablasan menamakan caci-maki
sebagai kritik, karena bakal menimbulkan salah paham bagi yang
dikritik via caci maki dan juga memancing konflik. Paling tidak
tirulah kritik model Tuhantu, walaupun disitu saya banyak tidak setuju
dengan bangunan kritiknya yang ditujukan pada Vincent, tapi paling
tidak saya tidak protes dan membiarkan Vincent meresponnya sendiri.

Kelima. Saya mengerti akhirnya anda membuka diri dengan chatting
baik-baik kepada saya. Tapi itu masih kurang Haute. Anda belum
memberitahu identitas anda dan jelas saya pun menjadi sulit untuk
mempercayai anda sebagai teman. Jika anda merasa tulisan ini
mempermalukan anda, maka seharusnya saya TIDAK PERLU merasa bersalah
bukan? Wong saya chat sama id samaran kok. Belum tentu yang punya id
samaran tersinggung toh karena udah punya jalan keluarnya yaitu tutup
saja id samaran tersebut. Beres. Tidak menyentuh pribadi anda
sama-sekali. TAPI kalau anda teliti, yang saya lakukan tidak ada niat
untuk mempermalukan anda. Saya hanya meluruskan kerjasama janji yang
anda tawarkan menjadi lebih logis dan adil. Jadi anda harus
memperbaiki lagi kontrak janji ini bukan? Tapi itu sudah terlanjur.
Karena keburu saya melihat alasan anda dibalik caci-maki anda (mau
menjadi pengawas). Dan kalau saya hanya membiarkan saja, berarti saya
ikut setuju dengan metode caci-maki anda diterapkan pada Vincent. Lalu
DIMANA TANGGUNG JAWAB SAYA SEBAGAI TEMANNYA VINCENT? MALAH
MENDAHULUKAN KEPENTINGAN HANTU/ID SAMARAN DENGAN MENOLERANSI CACI MAKI
TERHADAPNYA ATAS ALASAN APAPUN? Itulah intinya Haute.

Keenam. Anda mengatakan bomb mail adalah perbuatan yang melanggar
hukum. Oke, secara integritaspun saya memang saat ini meragukan metode
ini. Nah sebagai bentuk pertanggungjawaban saya, dengan ini saya
meminta kepada Vincent untuk tidak mencantumkan nama dan tulisan saya
apapun untuk kemudian di bomb-mail. Kemudian minta-maaf bila ada orang
yang merasa tidak nyaman atas segala bomb-mail yang sudah terlanjur
dilakukan oleh Vincent dengan mengikutkan nama atau tulisan saya
(tetap Vincentlah yang paling bertanggung-jawab). Jika ada tuntutan
hukum, saya akan bertanggung-jawab. Tentu saya akan menuntut anda atas
metode caci-makinya juga. Namun saya tidak akan memulai duluan
menuntut siapapun. Dan bila anda sampai memulai, kita semua akan
mengalami kerepotan dan akan melibatkan jauh lebih banyak pihak yang
akan mulai saling menuntut secara hukum. Anda mau seperti ini? Tidak
bukan? Dan jikapun anda ngotot seperti itu, maka akan kelihatan
belangnya sebenarnya anda ingin membantu Vincent untuk melatihnya atau
mau menghancur-leburkan kita semua?

Tentu bila ada tuntutan hukum anda nantinya, anda harus membuktikan
apakah benar bomb mail itu perbuatan melanggar hukum di Indonesia?
Karena kalau saya lihat, misalnya itu benar, toh kenapa dari dulu
tidak terdengar tuntutan hukum untuk bomb mailnya dia? Apa bedanya
dengan iklan? Benarkah Vincent menuliskan kata-kata
kasar/intimidasi/mengganggu kenyamanan bermilis dalam bomb mailnya?
Bukankah sudah disediakan oleh fasilitas yahoo groups untuk membanned
dan memberikan status spam id-nya Vincent? Tapi saya masih yakin anda
benar-benar ada niat baik, maka silahkan lakukan saran saya untuk
mengirimkan undang-undang tersebut ke email/milis. Beri dia juga kita
yang telah memanfaatkan fasilitas bomb-mailnya toleransi waktu untuk
mengambil sikap. Jangan asal mengancam Haute. Tapi apapun yang terjadi
saya pribadi siap. Perhatikan. Anda ingin tidak ada bomb-mail lagi
dari Vincent, sebagai pertukarannya wajar bukan kalau tidak ada lagi
caci-maki dari pihak anda? Tapi kalau anda tetap ngotot pengen
caci-maki dan tetap bahkan misalnya ngotot menuntut hukum bomb-mailnya
Vincent, anda sebenarnya telah main kekuasaan dengan
mengancung-ancungkan ancaman hukum di Indonesia. Sebenarnya ada satu
hal tuntutan hukum lain. Yaitu mengenai tuntutan Vincent memfitnah.
Saya pun setuju dengan anda dalam beberapa contoh yang anda kemukakan
seperti tuduhan santet terhadap Pabrik_t. Tapi itu tetap berarti anda
sudah main ancam secara tidak langsung dengan menyebutkan tuntutan
hukum di pm anda kepada saya untuk menutup mulut saya terhadap metoda
caci-maki anda.

Saya sengaja berpanjang-panjang pada potensi tuntutan-tuntutan hukum
ini karena saya tidak suka anda Haute main ancam-mengancam. Sebenarnya
jalan keluarnya mudah saja kok.
1. Anda toh tidak dipermalukan oleh saya karena bersembunyi di balik
id samaran. Dan saya pun tidak berniat mempermalukan siapapun. Untuk
Pabrik _t yang saya ikut sebut namanya di sini pun demikian. Anda
telah menunjukkan sendiri tingkah laku anda di depan milis. Saya hanya
menyebutnya kembali karena saya tidak setuju dengan sikap anda juga
Haute sekaligus protes pada khalayak milis kok kita terus-terusan
tahan dengan sikap seperti ini, bukan karena iseng mempermalukan anda
(juga Haute).
2. Jangan terlalu apriori terhadap Vincent. Anda dan Pabrik_t belum
pernah bertemu muka dengannya bukan? Nah beri kesempatan dia untuk
menerima kritik-kritik berharga anda. Tunjukkan kalau anda begitu
pedulinya dengan lubang-lubang integritas ataupun logika pada diri
Vincent. Itu jauh lebih baik, dibandingkan metode caci-maki. Dan tak
ada lagi tulisan protes dari saya.

Ancaman itu baik langsung maupun tidak langsung (anda sebenarnya tidak
perlu menyebutkan tuntutan hukum di pm dalam konteks mencari
persetujuan/memaksa saya untuk membiarkan metode caci-maki bukan?)
agar saya merasa takut dan tutup mulut sekaligus setuju dengan
kampanye metode caci-maki anda dan Pabrik_t. Tidak Haute. Saya tetap
ungkapkan ketidaksetujuan saya. Namun saya tidak mengancam anda dengan
hukum di Indonesia. Itu adalah dua hal yang jauh berbeda. Aneh juga
anda butuh saya untuk tutup mulut. Apakah anda tidak pede dengan
metode caci-maki anda sendiri sehingga mulai gerah dengan protes saya?

Ketujuh. Anda dan Pabrik_t selalu mengatakan untuk menjadi orang yang
tidak tersentuh. Nah gantian inilah ujian anda sekarang untuk tidak
tersentuh. Tunjukkan alasan logis anda (dan para anggota milis berhak
mendapatkan penjelasan karena caci-maki notabene adalah perusakan
atmosfer milis) menggunakan metode caci-maki dan
mempertanggungjawabkannya ke depan milis. Tunjukkan bahwa anda dan
Pabrik_t tidak main ancam-mengancam lagi. Baik mengancam tuntutan
secara hukum Indonesia, maupun (dugaan saya, silahkan mengklarifikasi
jika tidak benar) mengancam membocorkan/mempermalukan teman-teman
Vincent melalui data-data yang anda klaim pegang. Dugaan saya berasal
dari seperti yang anda tunjukkan sendiri di postingan milis ketika
bercaci-maki ria mau menunjukkan kebusukan kita semua. Tidak perlu
maen gerilya pm sana – pm sini Haute untuk mendapatkan dukungan.
Apakah anda takut kalau langsung dipertanggungjawabkan di depan milis,
anda bakal tidak dipercaya banyak orang sehingga perlu taktik gerilya
seperti yang telah anda lakukan kepada saya melalui pm tersebut
melalui argumen anda juga ancaman untuk supaya saya tutup mulut?
Biarlah pro dan kontra bermunculan di milis, dan pada saat itulah saat
ideal untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatan anda.

Kedelapan. Kalau ini bagi Vincent. Cent, tolong berhati-hati kalau
memposting sesuatu, apakah membawa urusan-urusan pribadi orang lain?
Berlatihlah berargumen tanpa membawa-bawa urusan orang lain. Saya
sendiri pun sedang belajar pula seperti itu. Kita semua sama-sama
belajar, bukan begitu?

Kesembilan. Saya telah mengijinkan anda memposting pm itu ke depan
milis jika saya melanggar janji. Tentu dengan perkiraan anda
menghapus, menyamarkan bagian-bagian yang membawa urusan-urusan
pribadi yang tak ada sangkut-pautnya. Kalau tidak, anda melanggar
keinginan anda sendiri lho....untuk tidak memposting suatu urusan
pribadi (saya tentu tidak juga dapat menyebutkannya). Jadi
berhati-hatilah.

Kesepuluh. Dari tanggapan Haute terhadap postingan saya tentang kritik
membangun vs kritik yang mempermalukan, sangat disayangkan anda telah
memposting lagi pm saya dengan Lulu tanpa ijin dari saya. Berarti anda
tidak memahami etika bermilis, atau beginikah etika bermilis di milis
psitrans menurut anda? Anda toh bisa minta klarifikasi saya melalui
email japri dulu? Baru kalau tidak ada tanggapan anda bisa merasa
perlu mengungkapkannya di depan umum milis? Saya sadari juga, toh saya
akhirnya juga melanggar perjanjian saya dengan anda pada tulisan ini.
Tapi telah saya tunjukkan perjanjian dengan anda cacat logika
perjanjian. Anda tidak terbukti eksis. Sedangkan pada pm saya dengan
Lulu, saya dan Lulu telah terbukti eksis. Dan hal ini membawa
implikasi lain, membuat anda memang saya akui tidak bisa diminta
pertanggungjawaban karena memposting pm orang lain tanpa izin, karena
anda tidak eksis toh? Jadi anda merasa aman-aman anda karena bukan
integritas dari identitas asli anda yang anda pertaruhkan dalam
melanggar etika bermilis tersebut, melainkan hanya integritas Haute,
id samaran yang anda anggap tidak bisa ditelusuri ke-eksisannya.

Sekalian saja saya meluruskan beberapa hal yang perlu diberitahukan
kepada khalayak milis psitrans hasil diskusi pm saya dengan Haute
tentang pertanggungjawaban saya akan dua hal :
1. Pipiet telah dichat kasar oleh Haute. Ini benar, Saya telah
menunjukkan kepada Haute bahwa kata-kata yang ditulis oleh Haute
(diakui dia sendiri memakai gaya Haute), yaitu huruf besar semua,
tanpa sapa-menyapa, dan memakai ikon gambar yang mengintimidasi (hanya
saja ikon ini tidak akan terlihat lagi kalau kita mengkopi lagi
chatnya dari Haute tersebut).
2. Tentang tuduhan saya Haute bergosip mengenai mas Riza suka dengan
Pipiet. Pipiet sendiri telah melihat bahwa benar ADA postingan atas
nama Haute di milis psitrans berisi gosip mas Riza suka dengan Pipiet.
Maaf mas Riza pembicaraan urusan pribadi kita saya ungkapkan kembali
di milis psitrans ini. Tapi ini untuk mengklarifikasikan bahwa di pm
dengan saya tersebut, dia tidak mau mengakuinya. Mungkin supaya saya
tidak percaya dengan laporan mas Riza. Kalau tidak salah, mbak Istiani
pernah mengkonfirmasikannya juga kepada saya. Bahkan dia
bertanya-tanya darimana Haute mendapatkan informasi tersebut. Lalu
Haute mengklarifikasi melalui pm dengan saya tersebut, dia mengetahui
dari Meitaurus hasil dari chat konferens yang melibatkan Pipiet, mas
Riza dan Meitaurus sendiri. Namun terlihat jelas Haute tidak mengakui
dirinya sendiri telah mempostingkannya ke milis psitrans gosip tersebut.

Kedua hal ditambah pm saya yang lagi-lagi dipostingkan di depan milis
psitrans membuktikan bahwa seorang Haute tidak segan-segan
mengeber-eber urusan pribadi ke depan milis dan juga tidak segan-segan
masuk ke dalam YM seseorang untuk mengintimidasi seperti yang telah
saya dan Pipiet alami. Tanpa ijin dia masuk begitu saja ke YM kami dan
mengolok-olok/chat kasar mengganggu privasi kami. Haute, APA URUSAN
ANDA MENGINTIMIDASI PIPIET....???? SAYA MASIH MARAH BESAR KEPADA
ANDA!!!! Jawaban anda di pm sama-sekali tidak memuaskan saya. Itukah
integritas yang anda bangga-banggakan? Tidak heran anda bersembunyi di
balik id Haute!

Jadi, sepuluh hal itulah bentuk protes saya terutama kepada anda
Haute, juga kepada Pabrik_t dan ke Vincent. Perlu diingat saya tidak
mengcopy-paste harafiah isi pm saya dengan Haute untuk memperkuat
argumen-argumen saya di atas. Itu karena saya menghormati etika
bermilis di milis psitrans ini. Yang saya langgar di tulisan ini
adalah perjanjian saya dengan Haute, terutama untuk tidak
memberitahukan Vincent maksud tersembunyinya tersebut yaitu menjadi
pelatih/pengawas Vincent, maksudnya biar Vincent tidak besar kepala.
Tapi tetap saya langgar akhirnya karena saya tidak suka metode
caci-makinya dan argumen-argumen saya sudah saya jelaskan banyak di
tulisan ini. Para pembaca budiman, ada satu hal lain lagi yang ingin
saya ungkapkan. Di tulisan ini aku juga mengambil suatu keputusan.

Mengingat :
Tulisan ini hanyalah sebuah protes dan saya tidak terlalu mengharapkan
Haute menghentikan kampanye metode caci-makinya, maka sudah jelas dan
saya simpulkan dari pm saya dengan Haute, dia tidak ada keinginan
sedikitpun untuk menghentikan metode caci-makinya terhadap Vincent
sampai karakternya Vincent ada perubahan seperti standar Haute dan
Pabrik_t inginkan. Haute mengistilahkannya sebagai WasKat, Pengawasan
Melekat. Jadi, biarpun saya akhirnya tidak memedulikan tingkah laku
Haute dengan tetap cuek menulis di milis psitrans ini, tapi saya tetap
berpotensi dicaci-maki jika tulisan saya pun dianggap tidak sesuai
dengan standarnya Haute. Dan pengawasan ini juga berlaku pada seluruh
kompatiolog. Mudah memang tidak memedulikan caci-makinya Haute. Tapi
lama-kelamaan akan timbul salah-paham dengan teman sendiri atau
anggota milis di sini yang lain yang bisa jadi terpancing oleh
caci-makinya Haute. Ini sih namanya komunitas Kompatiologi di milis
Psitrans benar-benar subordinasinya Haute bila tidak protes terhadap
metoda caci-makinya.

Menimbang :

Vincent, saran saya adalah kamu jangan memforward apapun yang berasal
dari milis psitrans apalagi yang berisi caci-makinya Haute karena bisa
menimbulkan salah paham pada dirimu sendiri juga pada kompatiologi.
Tolong turuti saran saya, kalau tidak saya perkirakan banyak yang
sulit merasa nyaman pun berada di milis Vincent Liong dan milis
Komunikasi Empati. Saya akan cabut lagi keanggotaan saya di milis
psitrans ini, karena juga ini adalah tanggapan saya yang benar-benar
terakhir untuk Haute dan Pabrik_t apapun alasannya, biarpun mereka
sudah berubah sekalipun sampai mereka menyesali perbuatan mereka di
hadapan saya dan untuk Haute membuka identitas aslinya. Sebelumnya
saya mengira bisa berbuat sesuatu ketika cacimaki mulai mereda, untuk
membangun atmosfer milis yang lebih kondusif di milis psitrans. Tapi
ternyata diawasi dan diancam pake caci-maki. Yah itu mah maen
otoriter. Dengan caci-maki berarti telah berusaha menutup celah bagi
lawan untuk menanggapi kritik dengan elegan karena berpotensi
terpancing emosinya plus tidak ada komunikasi masukan dua arah
terutama feedback balik ke orang yang memaki-maki. Orang yang
mencaci-maki berarti orang yang tidak sanggup menerima masukan-masukan
bagi dirinya lalu melarikan diri melalui makian.

Maka saya menyatakan :

Selain tindakan saya di atas, mempertimbangkan demi kenyamanan saya
maka....saya menyatakan mundur dari kompatiologi sebagai kompatiolog
juga sebagai pendekon. Juga saya mundur dari milis vincentliong dan
milis komunikasi_empati selain mundur dari milis
psikologi_transformatif. Menimbang karakter Vincent,
kecenderungan-kecenderungannya, maka pilihan ini terpaksa diambil
tanpa mengurangi persahabatan saya dengan Vincent. Saya hanya ingin
hidup tenang, mungkin membahas komunikasi empati (tentu tak perlu
dikaitkan dengan kompatiologi) dan mungkin juga membahas metode dekon
(tentu sebagai pengamat luar) dengan setenang mungkin. Juga
mengeluarkan tulisan-tulisan tema yang lain dengan tenang dan santai
tanpa mengetahui/merasa diawasi dengan caci-maki oleh siapapun. Saya
bekerja sebagai agen asuransi tidak ada pake bos-bos-an, manajer saya
adalah sahabat saya sendiri dan hubungan kami bersifat egaliter. Masak
hobi saya menulis, saya sampai perlu mengetahui bahwa saya diawasi,
lalu dihakimi nantinya menurut standar orang lain (atau standar milis
psitrans mungkin?) dan kemudian mendapatkan caci-maki, intimidasi,
ancaman plus resiko urusan/rahasia/gosip pribadi bocor ke depan milis?
NO WAY. Tidak bisa saya ikut komunitas seperti itu. Kompatiologi
secara tulis-menulis telah diintimidasi oleh pengawasan tersebut. Jadi
jauh lebih baik saya keluar saja dari ring tersebut dan lanjut
menuliskan apapun yang saya mau, mencari komunitas saya sendiri yang
cocok bagi integritas diri saya di milis yang lain. Cent saya masih
bisa mendukung kamu kok walaupun di milis yang lain, tentu dengan gaya
saya. Dan tentu Vincent harus tetap mempertanggungjawabkan
kata-katanya sendiri kalaupun ikut berdiskusi dengan saya lain waktu
di milis lain tersebut.

Audifax, selamat tinggal. Salam juga untuk Haute dan Pabrik_t, selamat
menjalani tugas sekaligus minat anda sebagai pengawas/pelatih di
komunitas tulis-menulis kompatiologi. Tugas saya untuk tetap protes
terhadap metode kalian sudah saya laksanakan sampai saya akhirnya
menyerah keluar dari komunitas milis-milis ini, sekaligus sebagai
protes bagi komunitas ini terhadap toleransi kalian pada metode
caci-maki. Selebihnya saya serahkan kepada Vincent. Saran terakhir
saya di milis psitrans ini adalah, Cent, dengarkan kritik apapun
bentuknya SELAIN caci-maki, serangan membawa ke urusan pribadi kamu
atau orang lain dan penghinaan. Itu adalah masukan yang bagus untuk
kamu. Dan pertanggungjawabkanlah dengan elegan, tanpa perlu memakai
penghinaan, caci-maki dan/atau membawa urusan pribadi orang lain.
Terima masukan-masukan tersebut sebagai bahan untuk perkembangan
pribadi kamu. OK!

Tambahan : Khusus untuk kritiknya Tuhantu, sebenarnya para kompatiolog
sudah cukup teruji mentalnya tidak terprovokasi oleh gaya metode
caci-maki ini. Lihatlah repost yang dipostingkan kembali oleh Vincent.
Di situ terlihat sekitar akhir tahun lalu Pabrik_t pun memprovokasi
para kompatiolog melalui metode caci-maki dan penghinaan-penghinaan.
Tapi kita semua tetap tenang bukan? Saya pernah tunjukkan ini ke
Haute. Dia malah beralasan waktu itu Pabrik_t belum menutup semua
lubangnya. Menurut dia, kompatiolog sekarang berhasil diprovokasi
karena dia menutup semua lubang, tidak memberikan kompromi, tidak ada
negosiasi (lucunya dia bernegosiasi dengan saya melalui
perjanjian-perjanjian di pm tersebut).

Menurut saya, saya menginterpretasikan menutup semua lubang, tidak
memberikan kompromi dan negosiasi berarti menerabas terus segala
pertimbangan dan norma-norma, yaitu melanggar norma tidak
mencaci-maki, melanggar norma tidak menghina dan tidak
mempertimbangkan perasaan para kompatiolog ketika Vincent berkonflik
dengan Audifax. Haute sendiri yang mengatakan kepada saya, dia tidak
menggubris jikapun betul ada konflik Audifax dengan Vincent.

Jadi kesimpulannya yang saya ambil sdr. Tuhantu, sekarang para
Kompatiolog terutama saya menjadi emosi karena mempunyai prasangka
sdr. Audifax yang dianggap sahabat sendiri malah ikut mendukung metode
caci-makinya Haute dan Pabrik_t. Sebagai perbandingan, waktu akhir
tahun lalu, kita tidak memiliki prasangka apapun kemugkinan
sahabat-sahabat yang kita kenal berada di balik metode caci-makinya
Haute dan Pabrik_t sehingga kita tetap tenang-tenang saja. Bukankah
ini menunjukkan jika dan hanya jika berupa tes diserang oleh metode
caci-makinya Haute dan Pabrik_t, para kompatiolog berhasil lulus
dengan baik dengan tidak terprovokasinya kita semua?

Tambahan dalam hal ini mungkin pengecualian Vincent yang akhirnya
memperlihatkan sedikit rasa dendam pada kasus pemban-nan Pabrik_t dan
bukan pada Manneke. Tapi menurut saya itu masih dalam batas kewajaran.
Mengingat Vincent sebagai penemunya. Tapi tentu reaksinya waktu itu
tidak seheboh sekarang jikalau Audifax tidak mengirim kado-kado
tersebut dan menyadari dirinya sekarang dilawan oleh Audifax sendiri
secara terang-terangan di depan umum milis. Ada sedikit pertanyaan
saya di sini. Mengapa Audifax sebelum memutuskan untuk mengirim
kado-kado tersebut tidak mengkonsultasikannya dulu ke para kompatiolog
lainnya? Dan bisa saja Audifax mencari jalan lain untuk menasihati
Vincent, melalui telepon misalnya? Atau tulisan ke email japri? Atau
ke para sahabatnya Vincent YANG JUGA sahabatnya Audifax? Lalu mengenai
kasus banned, bukankah cukup dengan mengklarifikasikannya sehingga
Vincent bisa belajar sendiri konsekuensinya? Lalu kenapa
ditindaklanjuti dengan kado-kado tersebut (dan kado-kado berikutnya)
tanpa kita semua (sahabat-sahabat anda juga Audifax) diberitahu ada
apa sebenarnya ini? Kekesalan apa yang sebenarnya anda pendam Audifax?

Saya lanjutkan. Namun kalau digabung dengan kejadian konflik antar
sahabat sendiri (Audifax vs Vincent), siapa yang kuat untuk tidak
stress dikeruhkan oleh tes caci-makinya Haute dan Pabrik_t? Akan
sangat mudah sekali muncul prasangka Audifax berada di balik semua
ini. Terutama melihat kenyataan bahwai kado-kadonya masih juga muncul
kembali sewaktu-waktu. KECUALI Audifax mengklarifikasi sendiri dia
tidak berada di balik semua ini. Sdr. Audifax seharusnya cukup
sensitif melihat permasalahan ini sangat mempengaruhi hubungan
persahabatan dia dengan para kompatiolog lain selain Vincent. Kecuali
kalau memang Audifax memukul rata bahwa menghadapi kompatiolog lain
sama seperti menghadapi Vincent atau mungkin Audifax memiliki sifat
cuek tidak memedulikan apa anggapan para sahabatnya sendiri bisa saja
sampai kemungkinan diprasangkakan berada di balik metode caci-makinya
Haute dan Pabrik_t.

Salam,
Adhi Purwono

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Yahoo! Groups

Endurance Zone

b/c every athlete

needs an edge.

Cat Zone

on Yahoo! Groups

Join a Group

all about cats.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: