Minggu, 16 September 2007

[psikologi_transformatif] Re: Audifax dan Leo itu lulusan terbaik Kompatiologi ( dan Salam Kenal)

PERTAMA, KAU MAU NJELASIN SYSTEM KOMPUTER APA KOMPATIOLOGI SEBAGAI
ILMU SYSTEM? JELASKAN KOMPATIOLOGI SEBAGAI ILMU SYSTEM.

KEDUA, KAU HARUS MEMPERJELAS KEMBALI PEMBEDAANMU ANTARA ILMU DOGMA,
ILMU TRANSLATER, DAN ILMU SAMPLER. SANGAT KACAU DAN TUMPANG TINDIH.
DALAM MENGETIK (YANG KAU SEBUT ILMU DOGMA) MISALNYA JELAS ADA SEBAB
AKIBAT, "JIKA KUTEKAN TOMBOL ATAU IKON INI, MAKA KELUAR INI, JIKA
KUTEKAN CTR+ENTER MAKA AKAN KELUAR INI. 1+1=2 JUGA SEBUAH ILMU DOGMA,
ITU SEBABNYA JIKA KAU MENULIS 1+1=3 JADINYA SALAH!

BAIK, SEKARANG KITA BAHAS LEBIH JAUH:

1. VCL: Ilmu dogma memiliki asumsi yang jelas tertulis yang bersifat
meng-judgement input sehingga kegiatannya adalah mencocokkan input
dengan daftar judgement.

Ilmu sistem asumsinya hanya hubungan sebab-akibat saja, seperti
matematika hanya hubungan sebab akibat seperti 1 + 1 = 2.

H.S: BAGAIMANA MENARIK HUBUNGAN SEBAB AKIBAT, TANPA DIDAHULUI OLEH
ASUMSI-ASUMSI? TANPA PROPOSISI-PROPOSISI? 1 + 1 HANYA BISA SAMA DENGAN
2 JIKA DAN JIKA HANYA JIKA 1 MEWAKILI NILAI TUNGGAL SATU DAN 2
MEWAKILI NILAI GANDA DUA, ARTINYA IA BERLAKU DALAM SYTEM BILANGAN
CARDINAL. 1 + 1 = 2 SEAKAN-AKAN NATURAL DAN DIANGGAP KEBENARAN TAK
TERBANTAHKAN, SEBUAH AKSIOMA, TETAPI TENTU TETAP MEMERLUKAN KECUKUPAN
PROPOSISI, APAKAH + DI SANA? APAKAH = DI SANA? MISALNYA JIKA + DISANA
DIDEFINISIKAN SEBAGAI "KAWIN", DAN "1" DI SANA ADALAH "KUCING" MAKA
1+1 BELUM TENTU 2, BISA 3 BISA 4 BISA 5. KAU TERLALU MENYEDERHANAKAN
PERSOALAN.

2. "Dalam hubungan dengan translater dan sampler maka ilmu sistem itu
seperti sampler yang hanya grafik naik atau turun."

H.S: AKU TAK TAHU APA MAKSUDNYA INI, "ILMU SYSTEM=ILMU SAMPLER YANG
HANYA GRAFIK NAIK ATAU TURUN." TOLONG DIPERJELAS. APA YANG KAU MAKSUD
DENGAN "ILMU SAMPLER YANG HANYA GRAFIK NAIK TURUN."

3. "... tetapi bagaimanapun membutuhkan translater yaitu ilmu praktik
dan juga ilmu dogma sebagai input."

KAU SENDIRI MENGATAKANNYA, ARTINYA ILMU SYSTEM TAK BISA DILEPASKAN
DARI ILMU DOGMA (DALAM BAHASAMU), DARI ASUMSI=ASUMSINYA. (LIHAT NO.1)

Alat sampler (ilmu sistem) pada komputer bersifat hardware yang
tekhnis seperti misalnya harddisk, cd rom, dlsb. Tetapi alat
translater (ilmu praktik) itu selalu bersifat software sesuai
kebutuhan konsumen. Urusan ilmu dogma selalu berasal dari luar dunia
sistem komputernya sendiri, seperti ketika mengetik itu khan bukan
urusannya ilmu komputer tetapi urusan lain yang kebetulan dikerjakan
menggunakan komputer.

HT:
AKU AKAN AJARI DIRIMU APA ITU SISTEM KOMPUTER, ATAU JIKA KAU MAU
KUAJARI DIRIMU MERAKIT KOMPUTER. HA HA HA.
SISTEM KOMPUTER TERDIRI ATAS TIGA BAGIAN PENTING YAITU CPU ( CENTRAL
PROCESSING UNIT), PROSESOR , MEMORI( RAM dan ROM), INPUT/OUTPUT. SEMUA
ITU TETAP DISUSUN DALAM ASUMSI-ASUMSI TERTENTU, HUKUM-HUKUM TERTENTU,
MULAI HUKUM FISIKA, MATEMATIKA, DSB. PENGUJIANNYA ADALAH APAKAH SYSTEM
ITU DAPAT BERJALAN ATAU TIDAK, SESUAI YANG DIINGINKAN ATAU
DIAGENDAKAN. ITU ADALAH SISTEM KOMPUTER.

KINI MARI KITA BAHAS SOFTWARE:

JIKA PERANGKAT KERAS ADALAH TUBUH MANUSIA, MAKA PERANGKAT LUNAK ADALAH
DARAHNYA. TANPA DARAH MANUSIA BUKAN HANYA LOYO, TAPI BISA KOIT. TANPA
PERANGKAT LUNAK, KOMPUTER TAK LEBIH TUMPUKAN KOMPONEN.
APA DAN BAGAIMANA PERANGKAT LUNAK?

KOMPUTER MERUPAKAN MESIN YANG MEMPROSES DATA MENJADI INFORMASI.
KOMPUTER DI GUNAKAN ORANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL KERJA DAN
MEMECAHKAN BERBAGAI MASALAH. YANG MENJADI PEMROSES DATA ATAU PEMECAH
MASALAH ITU ADALAH PERANGKAT LUNAK.

BENTUK TERKECIL DARI PERANGKAT LUNAK ADALAH OPERASI ARITMATIK DAN
LOGIKA. DARI OPERASI DASAR INI DI SUSUN PROGRAM / PERANGKAT LUNAK.

BENTUK PALING PRIMITIF DARI PERANGKAT LUNAK, MENGGUNAKAN ALJABAR
BOOLEAN, YANG DI REPRESENTASIKAN SEBAGAI BINARY DIGIT (BIT), YAITU 1
(BENAR / ON) ATAU 0 (SALAH / OFF), CARI INI SUDAH PASTI SANGAT
MENYULITKAN, SEHINGGA ORANG MULAI MENGELOMPOKKAN BIT TERSEBUT MENJADI
NIBLE (4 BIT), BYTE (8 BIT), WORD (2 BYTE), DOUBLE WORD (32 BIT).

KELOMPOK-KELOMPOK BIT INI DI SUSUN KE DALAM STRUKTUR INSTRUKSI SEPERTI
PENYIMPANAN, TRANSFER, OPERASI ARITMATIKA, OPERASI LOGIKA, DAN BENTUK
BIT INI DIUBAH MENJADI KODE-KODE YANG DI KENAL SEBAGAI ASSEMBLER.

KODE-KODE MESIN SENDIRI MASIH CUKUP MENYULITKAN KARENA TUNTUTAN UNTUK
DAPAT MENGHAPAL KODE TERSEBUT DAN FORMAT (ATURAN) PENULISANNYA YANG
CUKUP MEMBINGUNGKAN, DARI MASALAH INI KEMUDIAN LAHIR BAHASA
PEMROGRAMAN TINGKAT TINGGI YANG SEPERTI BAHASA MANUSIA.

PERANGKAT LUNAK SECARA UMUM DAPAT DI BAGI 2 YAITU PERANGKAT LUNAK
SISTEM DAN PERANGKAT LUNAK APLIKASI. PERANGKAT LUNAK SISTEM DAPAT DI
BAGI LAGI MENJADI 3 MACAM YAITU : BAHASA PEMROGRAMAN, SISTEM OPERASI,
UTILITY.

BAHASA PEMROGRAMAN: MERUPAKAN PERANGKAT LUNAK YANG BERTUGAS
MENGKONVERSIKAN ARSITEKTUR DAN ALGORITMA YANG DI RANCANG MANUSIA KE
DALAM FORMAT YANG DAPAT DI JALANKAN KOMPUTER, CONTOH BAHASA
PEMROGRAMAN DI ANTARANYA : BASIC, COBOL, PASCAL, C++, FORTRAN.

SISTEM OPERASI: SAAT KOMPUTER PERTAMA KALI DI HIDUPKAN, SISTEM
OPERASILAH YANG PERTAMA KALI DI JALANKAN, SISTEM OPERASI YANG MENGATUR
SELURUH PROSES, MENTERJEMAHKAN MASUKAN, MENGATUR PROSES INTERNAL,
MEMANEJEMEN PENGGUNAAN MEMORI DAN MEMBERIKAN KELUARAN KE PERALATAN
YANG BERSESUAIAN, CONTOH SISTEM OPERASI : DOS, UNIX, WINDOWS, IMB
OS/2, APPLE'S SYSTEM 7.

UTILITY SISTEM OPERASI YANG MERUPAKAN PERANGKAT LUNAK SISTEM DENGAN
FUNGSI TERTENTU, MISALNYA PEMERIKSAAN PERANGKAT KERAS, MEMERIKSA
DISKET YANG RUSAK, MENGATUR ULANG ISI HARDDISK, CONTOH UTILTY ADALAH
NORTON UTILITY. MAC AVE, PC CILIN, DSB.

PERANGKAT LUNAK APLIKASI MERUPAKAN BAGIAN PERANGKAT LUNAK YANG SANGAT
BANYAK DI JUMPAI DAN TERUS BERKEMBANG.

APLIKASI PENGOLAH KATA, TABEL DAN DATABASE SAAT INI TELAH DI BUNDEL
MENJADI APLIKASI OFFICE DENGAN TAMBAHAN APLIKASI UNTUK PEMBUATAN
PRESENTASI.

YANG BERKEMBANG SANGAT BANYAK SAAT INI ADALAH APLIKASI MULTIMEDIA DAN
INTERNET.

APLIKASI YANG BERSIFAT KHUSUS DI ANTARANYA UNTUK MEMBANTU PEKERJAAN
ENGINEER SEPERTI AUTOCAD (GAMBAR STRUKTUR), PROTEL (GAMBAR RANGKAIAN
ELEKTRONIK), DAN MATLAB (PEMROSES DAN VISUALISASI PERSAMAAN MATEMATIS).

KINI KAU TAHU BAGAIMANA ANALOGIMU TERLALU REDUKTIF?

4. "Urusan ilmu dogma selalu berasal dari luar dunia
sistem komputernya sendiri, seperti ketika mengetik itu khan bukan
urusannya ilmu komputer tetapi urusan lain yang kebetulan dikerjakan
menggunakan komputer."

YA ITU BENAR. TETAPI APAKAH KEMUDIAN SISTEM KOMPUTER ITU BISA
DILEPASKAN DARI DOGMA-DOGMA (HUKUM-HUKUM FISIKA, MATEMATIKA) YANG
MERUPAKAN EKSTERIORITASNYA?

ADA LAGI?

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "x69xx96x"
<x69xx96x@...> wrote:
>
> http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/30959
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "hautesurveilance"
> <hautesurveilance@> wrote:
>
> OOO JADI KOMPATIOLOGI SEKARANG ADALAH ILMU SYSTEM, KEMARIN ILMU
> PRAKTEK. BAIK BAWA SINI ITU ILMU YANG DISEBUT SYSTEM. MARI KITA UJI
> APAKAH SYSTEM ITU BOBROK ATAU NGGAK, BAIK DARI HASIL MAUPUN
> ASUMSI-ASUMSINYA. MAU NGOMONG KOMPATIOLOGI SEBAGAI ILMU SYSTEM TAK
> MEMILIKI ASUMSI-ASUMSI? TAK DIDASARKAN PADA ASUMSI-ASUMSI TERTENTU. HA
> HA HA.
>
>
> Vincent Liong answer:
>
> Ilmu dogma memiliki asumsi yang jelas tertulis yang bersifat
> meng-judgement input sehingga kegiatannya adalah mencocokkan input
> dengan daftar judgement.
>
> Ilmu sistem asumsinya hanya hubungan sebab-akibat saja, seperti
> matematika hanya hubungan sebab akibat seperti 1 + 1 = 2.
>
> Ilmu praktik hanyalah satu penerapan dari ilmu sistem.
>
> Kompatiologi bisa dibahas sebagai ilmu sistem, juga bisa dibahas
> sebagai ilmu praktik, tetapi hanya ilmu sistemnya yang berlaku umum.
> Ilmu praktik nya hanya berlaku berdasarkan si user mau
> mempraktikkannya ke mana dan ilmu dogmanya dipelajari sendiri dari
> luar kompatiologi.
>
> Dalam hubungan dengan translater dan sampler maka ilmu sistem itu
> seperti sampler yang hanya grafik naik atau turun, tetapi bagaimanapun
> membutuhkan translater yaitu ilmu praktik dan juga ilmu dogma sebagai
> input.
>
> Alat sampler (ilmu sistem) pada komputer bersifat hardware yang
> tekhnis seperti misalnya harddisk, cd rom, dlsb. Tetapi alat
> translater (ilmu praktik) itu selalu bersifat software sesuai
> kebutuhan konsumen. Urusan ilmu dogma selalu berasal dari luar dunia
> sistem komputernya sendiri, seperti ketika mengetik itu khan bukan
> urusannya ilmu komputer tetapi urusan lain yang kebetulan dikerjakan
> menggunakan komputer.
>
>
> Ttd,
> Vincent Liong
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

Instant smiles

Share photos while

you IM friends.

Athletic Edge

A Yahoo! Group

to connect w/ others

about fitness goals.

Yahoo! Groups

Your one stop

for beauty & fashion

tips and advice.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: