Minggu, 16 September 2007

[psikologi_transformatif] Re: Kayaknya engga gitu dech Mas Merkurius Adhi (was:Link-link KMA)

Salam kenal Ivana,

Tanggapan saya dibawah tanggapan anda.

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "ivana.budianti"
<ivana.budianti@...> wrote:
>
> Mas Adhi yang baik,
>
> Salam kenal, saya Ivana, biasa dipanggil Van. Kuliah di psikologi
> Unpad dan kebetulan pernah debat sama Vincent Liong di milis milik
> anak-anak Unpad.
>
> Van tertarik banget dech buat nanggepin tulisan Mas Adhi. Harapan
> Van, Mas

Adhi : Maaf, Ivana mengharapkan saya apa? Tulisan anda kelihatannya
terpotong disini.

>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Merkurius Adhi
> Purwono" <adhi_p@> wrote:
>
> Nah,
> > sekarang tinggal niat baik dari kita masing-masing di milis psitrans
> > ini, apakah niat kita adalah mempermalukan Vincent beserta
> > Kompatiologinya atau mau memberikan kritik membangun?
>
> Van:
> Niat baik? Apa nurut mas Adhi kita di milis psitrans tidak punya niat
> baik?
> Mempermalukan mas Vincent? Masa sih...kayanya engga banget dech.
> Menurut Mas Adhi yg gimana yang mempermalukan mas Vincent?

Adhi : Saya tidak lagi mempertanyakan ada tidaknya niat baik pada
millis psitrans. Tulisan di atas berupa imbauan.

>
> Van rasa justru Mas Vincent yg mempermalukan dirinya sendiri. Ntar
> Van fwd buktinya dari milis aneks ya..
>

Adhi : Monggo....

>
>
>
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Merkurius Adhi
> Purwono" <adhi_p@> wrote:
> Saya menyadari
> > benar yang terjadi di milis psitrans terhadap Vincent dan
> > Kompatiologinya menjadi KERUH seperti ini karena sangat dipengaruhi
> > oleh KONFLIK NYATA antara Vincent dan Audifax. Sehingga
> > 'kritik-kritik' yang terjadi CENDERUNG digunakan untuk mempermalukan
> > pada kedua belah pihak.
>
> Van:
> Aduh...betul atuh mas Adhi 'menyadari'? yakin mas kalo mas
> lagi 'sadar'?

Adhi : Yang saya soalkan pada tulisan saya di atas ada dalam konteks
konflik yang terjadi di milis psitrans ini.

>
> Van ngga yakin...coz, dari pengalaman Van sendiri, di milis aneks mas
> Vincent juga dikritik abis-abisan. Itu ga ada hubungannya dg mas
> Audifax. Kalo ditelisik yg lalu-lalu, mas Vincent juga udah sering
> dikritik dan dimaki-maki orang.

Adhi : Maaf, saya tidak mengikuti diskusi Vincent di milis aneks. Jadi
imbauan pada tulisan saya tersebut berasal dari pengamatan saya hanya
di milis psitrans ini saja.

>
> Nurut Van, kritik ke mas Vincent kaga ada hubungannya ama KONFLIK
> NYATA mas Vincent dan mas Audifax. Tapi emang karena perilaku mas
> Vincent sendiri.
>
> Mas Adhi ngga nyadar itu?

Adhi : Itu pendapat Ivana dan oks-oks aja bagi saya. Masing-masing
orang punya penilaiannya sendiri. Imbauan saya di tulisan saya
termasuk hasil dari pertimbangan saya, TERMASUK pertimbangan karakter
Vincent yang saya kenal. Jadi saya sadar-sesadar-sadarnya. Anda juga
tidak ingin bukan dipertanyakan kesadaran anda? Jika anda tidak
memahami imbauan saya, karena memang sudut pandang dan kepentingan
kita berbeda. Anda mendasari pengalaman anda dengan Vincent hanya
melalui milis (terutama milis aneks). Kalau saya berdasarkan
persahabatan saya dengan Vincent dan Audifax. Mereka tentu bukan orang
suci, tentu saya telah menyadarinya.

>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Merkurius Adhi
> Purwono" <adhi_p@> wrote:
> >
> > So, kalau memang benar mau mengkritik Vincent beserta
> Kompatiologinya,
> > MARI lepaskan dulu pengaruh emosi dan kebencian akibat dari KONFLIK
> > NYATA antara Vincent dan Audifax. Lalu kita semualah yang menilai
> > apakah benar kritik yang nanti dilemparkan itu BERTUJUAN BAIK atau
> > BERTUJUAN UNTUK MEMPERMALUKAN.
>
>
> Van:
> Van fwd buktinya aja yach.
>

Adhi : Dalam konteks pengamatan saya di milis psitran, imbauan itu
sesuai dengan keadaan di milis psitrans ini. Itu menurut saya lho...!

>
>
>
>
>
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Merkurius Adhi
> Purwono" <adhi_p@> wrote:
> >
> > Catatan untuk KMA "kegagalan dekons" : Kalau benar saya sebagai
> > kompatiolog menipu dalam praktik dekons saya, maka tentu saya tidak
> > akan memberitahu keseluruh dunia milis (judul KMA yang ini telah
> > di-BOMBMAIL juga oleh Vincent) bahwa saya menipu. Tulisan itu hanya
> > bertujuan untuk sebagai evaluasi bagi diri saya dan bagi anda dalam
> > meletakan pondasi integritas masing-masing pada praktik dekons
> > tersebut dan dituliskan sengaja bergaya satir.
> >
>
> Van:
> Bagi Van. Pengakuan mas Adhi bahwa "saya menipu" semakin bikin Van
> yakin seperti apa kompatiologi.

Adhi : Tentu anda dapat memahami dari tulisan tersebut bahwa saya
tidak bermaksud menipu bukan?

>
> Terus..mmm..kalo tadi Mas Adhi nanya kritik membangun..kayanya kalo
> mas Adhi 'nyadar', Mas bakal tahu sendiri dech apa kritik membangun
> yang pas buat penipu.
>

Adhi : Nah, anda secara tidak langsung telah membuat tuduhan 'penipu'
bagi Vincent, kompatiologi dan mungkin bagi saya juga.

Begini saja deh Ivana, imbauan untuk memberikan kritik membangun vs
kritik yang mempermalukan adalah dalam konteks jangan terbawa dengan
konflik antara Audifax dan Vincent. Dalam konteks lain saya belum
memberikan imbauan apa-apa bukan begitu? Jadi kalau anda merasa
Vincent dan CARA MEMBAWAKAN kompatiologinya (mudah-mudahan tidak
memukul-rata teman-teman Vincent yang lain yang juga tertarik dengan
kompatiologi anda anggap samimawon dengan Vincent), kurang berkenan
bagi anda, atau anda merasa dipermalukan, ya monggo silahkan membela
diri anda. Tak ada yang melarang kok. Mau mempermalukan balik atau mau
tidak memedulikannya itu terserah anda bukan?

Terimakasih telah capek-capek memberikan bukti. Saya hargai usaha anda
tentu dalam rangka positif bahwa anda pun sepertinya peduli dengan
karakternya Vincent. Semoga dapat dipahami.

Salam hangat,
Adhi Purwono

>
>
>
>
> Peace
>
>
> Van
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yoga Groups

Exchange insights

with members of

the yoga community.

Endurance Zone

A Yahoo! Group

Learn how to

increase endurance.

Yahoo! Groups

Real Food Group

Share recipes

and favorite meals.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: