Minggu, 04 November 2007

[psikologi_transformatif] Re: Bipolar Tipe II

Mbak Ita,

saya lebih awam lagi soal psikologi, namun saya sudah ketemu pasien
Bipolar tipe II, ada yang sudah sembuh, ada yang belum sembuh,
vincent.

Bipolar itu artinya swing, kadang manic [maniak], kadang
depressive. pasien bisa 3 hari menangis mau bunuh diri, namun
setelah itu bisa menjadi over confident.

Mengapa bisa jadi begini?

1. Kalau seseorang sudah merasa dikhianati terlalu banyak orang,
atau merasa ditipu, dan dibohongi oleh terlalu banyak orang

2. Kalau seseorang merasa sudah mendekatkan diri pada batin, marasa
sudah menguasai batin, dan mengatas-namakan batin, maka cenderung
batin tersebut bisa tiba-tiba hilang, atau ragu, pada saat itu, yang
tadinya over confident, maka bisa kehilangan pegangan, seolah-olah
tidak ada lagi yang mendukung dirinya lagi.

Bagaimana cara mengobati?

Berdasarkan pengalaman saya:

1. Melakukan pendekatan jiwa yang benar, melalui proses step-by-step
yang benar, apakah itu jiwa?

2. pengenalan jiwa

3. memberi makan jiwa

4. menemukan kembali jiwa yang hilang

5. melatih rasa confident, bahwa masih ada orang baik di dunia ini.

salam,
goen

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Carmelita Renatha"
<carmelita_renatha@...> wrote:
>
> Rekan rekan,
> perkenalkan saya Ita, awam psikologi.
> Apakah ada yang bisa memberi masukan mengenai Bipolar Tipe II?
> Mengenai perkembangannya di Indonesia? Apakah penyakit ini hanya
> bisa diselesaikan dengan obat antidepresan? Apakah konseling
> psikologi tidak mampu banyak membantu? jika konseling membantu,
> bagaimana meyakinkan seseorang yang meyakini dirinya mengidap
> Bipolar II untuk berkonsultasi dengan psikolog di saat dia hanya
> menginginkan antidepresan? Beliau menolak untuk diajak ke psikolog
> namun untuk ke psikiater juga sulit. Terus menerus mengajukan
> pertanyaan seputar antidepresan. Ajakan saya untuk bertemu
psikolog
> sepertinya berujung kekecewaan pada dirinya, merasa tidak di-
> mengerti bahwa yang dideritanya adalah sakit dan hanya butuh obat.
>
> Saya sangat memerlukan informasinya karena beberapa artikel
tentang
> bipolar II yang saya temukan hanya berbicara bahwa sakit ini
seakan2
> hanya butuh obat antidepresan dan dipergunakan rekan saya sebagai
> semacam pembenarannya.
>
> Terima kasih sebelumnya.
>
> salam hangat,
> Ita
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Food Lovers

Real Food Group

on Yahoo! Groups

find out more.

10 pairs of tickets

a day from Yahoo!

Fly home for the

Holidays for free.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: