Jumat, 18 Januari 2008

[psikologi_transformatif] Itu pilihan hidup mereka sendiri kan ?

ITU KAN YANG NAMANYA DEJA VU

T = Malam Pak Leo <nggak enak panggil Leo saja, atau
aku khusus panggil anda Lim saja gimana, kayaknya
Rimba itu waktu aku baca enak nya Lim gitu>.

J = Hmmm hmmm hmmm...

T = Aku punya pengalaman sbb: Suatu hari aku ke
Semarang ketempat saudara <BB>, dan dia jemput aku di
airport, karena dia baru pindah rumah, jadi ya
dijemput. Di tengah perjalanan, entah dimana itu, aku
sepertinya sudah pernah disini... dan aku bilangin pd
BB, rumah kamu belok kanan, kiri, dst nanti ada ini
ada itu dsb, terus ada kali, terus ada rumah antik
<model kuno>, rmh kamu masuk di gang itu dstttt. BB
bilang ya, aku bingung juga kok ya betul... aku enjoy
di lingkungan itu.

BB bilang ehhhh kamu mungkin duluuuuu pernah di sini.
<dia penganut Budha, aku penganut ?>. Di samping jalan
itu ada kuburan kuno, <belanda dsb>... Ini gejala apa
yaaaaaaa, benarkah ini salah satu dari past life ?

J = Well, begini mas. Itu kan yang namanya DEJA VU.
Jadi rasanya seperti sudah pernah mengalami. Seperti
sudah pernah kesana, tapi bukan di dalam kehidupan
fisik. Jadinya seperti pernah mengunjungi di dalam
mimpi atau ketika OOBE (out of body experience). Bisa
juga menggunakan pengertian past life (kehidupan
sebelumnya). Jadi, seperti pernah hidup di masa lalu
(sebelum kehidupan sekarang), dan di masa lalu itu you
have known very well lokasi itu. Bisa juga pakai teori
COLLECTIVE MEMORY. Jadi, seperti anda masuk ke dalam
memory yang ada di dalam diri saudara anda itu. Jadi,
anda bisa membaca memory dia tentang tempat tinggalnya
dari dalam memory (pikiran) anda sendiri.

T = Kalau kita hubungkan dengan konsep "tidak
terikat/ tidak terbatas ruang dan waktu", bukankah
kekekalan saja yang ada, sehingga ga ada lagi yang
harus kita bicarakan ? Mungkin "diam" lebih menjawab
semua yang "ada" ?

J = Hmmm hmmm hmmm... more or less like that. Menurut
aku anda memang PSYCHIC, jadi memang bisa tahu sendiri
tanpa dikasih tahu. Banyak yang mengalami hal2 seperti
itu. Terkadang rasanya sudah kenal lama, pedahal baru
kenal. Terkadang rasanya sudah pernah ke suatu tempat
yang baru dikunjungi, pedahal baru pernah sekali itu
kesana. Macam2 manifestasinya, tapi semuanya berasal
dari prinsip universal bahwa pikiran kita itu TIDAK
terbatas oleh ruang dan waktu. Kita bisa akses memory
"masa lalu", bahkan memory yang dimiliki oleh orang
lain. Dan kita membacanya dari dalam pikiran kita
sendiri. I do that all the time, too.

BTW, you were right in "feeling" about my name. I was
born Leonardo Lim. Aku masih pegang surat keterangan
dari RS Bersalin ketika aku dilahirkan. Disitu,
tertulis nama bayi yang baru lahir itu Leonardo Lim.

+++++++++++++

MIMPI MENAKLUKKAN PUNCAK GUNUNG

T = Hai Mas Leo, met kenal ya. Aku tau alamat mas dr
milis mayapada. Maaf sebelumnya klo aku merepotkan
nich, aku mau tanya tentang mimpiku mungkin Mas Leo
berkenan utk membantu.

J = Silahkan aja, mbak.

T = Begini lho Mas Leo: aku pernah bermimpi mendaki
gunung yg tinggi sekali dg berpakaian pengantin, dlm
mimpiku itu sepertinya aku mendaki gunung bersama dg
seseorang. Kami mendaki dg bersusah payah dan aku
sendiri sambil menangis krn merasa pendakian itu
begitu berat dan melelahkan. Tetapi untungnya tangan
'seseorang' itu terus memegang dan menarik aku sambil
terus menyemangatiku untuk jangan menyerah/ berhenti.
Dan akhirnya kami berdua sampai di puncak gunung yg
tinggi, dan saking tingginya aku bisa merasakan liukan
seperti berada di atas pohon tinggi dan angin yg agak
kencang. Tetapi, akhirnya aku menangis lega dan merasa
begitu takjub setelah melihat pemandangan alam yg
begitu indah dr atas puncak gunung. Dan disitulah aku
baru tau klo 'seseorang' yg menarik dan terus
membantuku mendaki gunung adalah kekasihku yg sekarang
sedang sakit.

Apa makna dr mimpi itu ya mas, krn aku tidak bisa
melupakan mimpi itu meskipun aku mimpi sudah lama
sekali.

J = Artinya kan sudah jelas, mbak. Ada tantangan2 yang
berat sekali (disimbolkan oleh gunung yang didaki),
dan ada keberhasilan melewati tantangan2 itu
(disimbolkan oleh tercapainya puncak gunung). Lalu ada
cara2 pandang baru yang diperoleh setelah berhasil
melewati tantangan2 yang berat itu (disimbolkan oleh
pemandangan indah dari puncak gunung). Nah, segala
tantangan2 dan perjuangan itu ternyata ada hubungannya
dengan kekasih anda. Anda merasa berjalan dengan
kekuatan anda sendiri, tetapi ternyata tidak. Ternyata
anda berdua dengan kekasih anda. Anda merasa dibantu
oleh alam semesta, tapi tidak bisa meng-identifikasi
SIAPA sebenarnya yang menjadi agen dari alam semesta
itu. Nah, di mimpi itu diperlihatkan bahwa figur itu
adalah kekasih anda sendiri.

Berdasarkan mimpi anda itu, saya melihat bahwa anda
dan kekasih anda TIDAK akan mengalami hal2 seberat di
masa lalu. Anda telah bersama-sama ketika melewati
segala tantangan itu, so nothing is too hard for both
of you now. You are in it already.

+++++++++++++

ITU PILIHAN HIDUP MEREKA SENDIRI KAN ?

T = Mas Leo, semalam saya mimpi dimana ada orang yang
lagi sakit dan menurut saya perlu pertolongan, lalu
saya coba obati dengan cara yang pernah saya pelajari,
tetapi orang yang sakit itu malah tidak mau saya
obati, dia tidak mau saya dekati malah ngumpet dan
melayang lalu nempel pada plafon rumahnya kayak cecak,
tetapi tetap saya obati dari bawah dg menengadah
keatas karena dia menempel pada plafon. Apa artinya
mas ya ?

J = Artinya itu SIMBOL dari orang2 yang sakit tapi
tidak merasa dirinya sakit. Jadi, orang2 semacam itu
akan lari kesana kemari untuk menghindari orang yang
tergerak dan ingin membantunya. Bahkan dia akan
menghindari dengan cara2 yang tidak masuk akal
(disimbolkan dengan lari2 dan menempel pada plafon
rumah seperti cicak). Itu simbol saja dari keadaan
yang anda hadapi dalam kehidupan nyata. Secara umum,
itulah yang anda lihat; banyak orang2 yang sebenarnya
sakit tapi tidak ingin disembuhkan. Menurut saya,
sakitnya itu JIWA dan bukan fisik sebab orang yang
sakitnya fisik tidak bisa lari2 dan ngumpet2. Tetapi
orang yang jiwanya sakit akan berperilaku aneh2
seperti itu. So,... menurut saya biarkan sajalah.
Kalau mereka tidak minta bantuan, biarkan sajalah. Itu
pilihan hidup mereka sendiri kan ?

+++++++++++++

MERASA HARUS MENCAPAI SESUATU DALAM MEDITASI


T = Salam Pak Leo, Apa Kabar? Semoga baik-baik aja
ya... Langsung aja ya pak, begini pak... sekarang ini
kalau saya meditasi saya merasa saya harus mencapai
sesuatu, saya harus menuju ke suatu tempat atau
apalah... pokoknya saya merasa ada yang harus saya
capai... tapi saya tidak tahu apa itu, setiap selesai
meditasi saya selalu merasa tidak puas, dan saya
mengulang meditasi itu lagi, tapi saya tidak dapat
mencapai "SESUATU" itu, saya penasaran Pak Leo,
kira-kira "SESUATU" yang saya rasakan didalam meditasi
saya itu apa ya Pak, karena jika saya meditasi saya
merasa "SESUATU" itu selalu mendesak saya agar cepat
mengetahuinya/ mencapainya... Mohon penjelasannya...

J = Hmmmm... you feel that you have to reach something
in your meditation, tapi gak tahu itu apa. Hmmm hmmm
hmmm... Menurut aku, yang penting itu adalah RASA itu
sendiri, dan bukan sesuatu yang harus dicapai itu.
Memang ada rasa, dan rasa itu yang harus dipertahankan
terus. Well, ... lebih tepatnya rasa itu ADA. Dan akan
tetap ada selama masih ada gunanya. Kalau sudah tidak
ada gunanya, maka rasa itu akan hilang dengan
sendirinya. So,... yang harus dilakukan adalah
diteruskan saja. Apabila masih ada rasa yang menarik
agar berjalan terus dan terus. Jalanilah terus. Lalu,
setelah itu apa, ya tidak usah dipikirkan. Kalau masih
ada DORONGAN untuk maju terus lebih dalam, ya majulah
terus. Kalau masih merasa belum sampai, ya teruskanlah
saja. Teruskan saja sampai akhirnya rasa itu tidak ada
lagi. Kalau rasa itu sudah tidak ada lagi, maka anda
akan tahu sendiri apa yang mendorong itu. Apa yang
harus anda capai dalam meditasi itu seperti apa akan
anda ketahui sendiri ketika anda tidak lagi didesak
untuk mencapai itu. So, just continue doing it.

+++++++++++++

PUASA YANG BNR TUH GMNA YA ?

T = Hai... mo nanya.. puasa yang bnr tuh gmna ya ?

J = Puasa itu macem2, tergantung orangnya mao puasa
yang gimana. Bisa gak makan dan gak minum. Bisa gak
makan aja. Bisa gak minum aja. Bisa gak ngerokok aja.
Bisa setengah hari aja. Ada macem2 jenis puasa,
semuanya bener, jadi tergantung JENIS puasanya itu
puasa apa.

T = Klo buat ningkatin kepekaan batin puasanya yg
mana?

J = Gak tau tuh, gw GAK PERNAH puasa. Puasa masturbasi
aja, hmmm hmmm hmmm... Tahanin SEMINGGU gak begitu,
hmmm hmmm hmmm...

T = Mank ngaruh ya ?

J = Iya lah. Kalo puasa yang jenis itu memang PALING
BERAT, soalnya gatel2 terus, dan GAK BOLEH digaruk.
Kalo digaruk puasanya batal, hmmm hmmm hmmm..

T = Kmrn kt Mas B... klo mo cepet bs liat yg aneh2...
mesti puasa rabu-jumat...

J = Puasa ngocok Rabu - Jumat is a good beginning,
hmmm hmmm hmmm... Ya udah, jalanin aja puasanya, gw
sendiri GAK PERNAH puasa.

T = Owh ok2.. loe kan uda hebat.. ga usa puasa2 lg..

J = Yg manjur itu puasa gak ngocok, BUKAN puasa gak
makan nasi, hmmm hmmm hmmm... Puasa nonton bokep aja,
hmmm hmmm hmmm... Nice talking2 with you today, I have
to sign out now, take care, bay bay !!

+++++++++++++

[Leo seorang praktisi Psikologi Transpersonal dan bisa
dihubungi di no HP: 0818-183-615. Untuk bergabung
dengan Milis Spiritual-Indonesia, click:
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia/join>.
NOTE: Except mine, all names used in the YM / email
conversations are PSEUDONYMS.]

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Your school could

win a $25K donation.

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Yahoo! Groups

Self Improvement

Find support & keep

New Year's goals.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: